120+ Soal Guru Seni Budaya Beserta Kisi- kisi & Pembahasannya CPNS PPPK

Guru Seni Budaya Beserta Kisi- kisi

Formasi Jabatan Guru Seni Budaya berperan penting dalam mengajarkan seni rupa, musik, tari, dan drama kepada siswa di berbagai jenjang pendidikan. Guru Seni Budaya bertugas tidak hanya untuk mengembangkan keterampilan artistik siswa, tetapi juga untuk membina apresiasi terhadap nilai-nilai budaya yang kaya di Indonesia. Posisi ini menuntut pemahaman menyeluruh tentang teori dan praktik dalam bidang seni, serta kemampuan untuk menyesuaikan materi ajar dengan perkembangan kurikulum dan kebutuhan siswa.

Sebagai Guru Seni Budaya, dibutuhkan kreativitas, keterampilan teknis, dan kemampuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif. Guru juga bertugas untuk mengasah bakat dan minat seni siswa serta membimbing mereka dalam berkarya secara ekspresif, baik dalam kegiatan individu maupun kelompok. Dengan demikian, Guru Seni Budaya memiliki peran penting dalam melestarikan budaya sekaligus mendorong inovasi seni di kalangan generasi muda.

Kisi-Kisi Soal Guru Seni Budaya

Sebagai Guru Seni Budaya, memahami dasar-dasar seni serta kemampuan mengajarkan teknik artistik adalah hal penting untuk mengembangkan kreativitas dan apresiasi seni pada siswa. Kisi-kisi berikut merangkum pengetahuan utama yang harus dimiliki oleh seorang Guru Seni Budaya, mencakup regulasi pendidikan, teknik berkarya, hingga metode pembelajaran yang kreatif dan interaktif.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Memahami landasan hukum pendidikan seni yang bertujuan membentuk karakter siswa, meningkatkan kepekaan estetika, dan mengembangkan apresiasi budaya.

Kurikulum K13 dan Kurikulum Merdeka untuk Seni Budaya
Menguasai kompetensi dasar dalam seni rupa, musik, tari, dan teater sesuai pendekatan tematik dan berbasis proyek untuk menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan kreatif.

Pengembangan Kreativitas Siswa melalui Seni
Mengajarkan teknik untuk memfasilitasi kreativitas siswa dalam menciptakan karya seni yang orisinal, inovatif, dan mengekspresikan diri.

Sejarah dan Jenis-Jenis Seni
Memahami perkembangan seni rupa, musik, tari, dan teater, serta mengenalkan jenis-jenis seni tradisional dan modern.

Apresiasi dan Kritik Seni
Mengajarkan siswa teknik untuk mengapresiasi dan mengevaluasi karya seni berdasarkan elemen dan prinsip seni, guna mengembangkan kemampuan kritis mereka.

Prinsip-Prinsip Dasar Seni Rupa
Mengajarkan konsep-konsep dasar dalam seni rupa, seperti garis, warna, dan komposisi, yang penting untuk menghasilkan karya seni visual yang bermakna.

Penguasaan Teknik Dasar Seni Musik
Menerapkan dasar-dasar musik, seperti ritme, melodi, dan harmoni, serta mengenalkan berbagai alat musik untuk membangun pemahaman musikal siswa.

Teknik Dasar dalam Seni Tari
Mengenalkan teknik dasar tari, termasuk gerakan, pola lantai, dan ekspresi, baik dalam konteks tradisional maupun kontemporer.

Pengajaran Seni Teater dan Drama
Mengajarkan dasar seni peran, seperti ekspresi dan intonasi, untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan akting dan pemahaman seni teater.

Pembelajaran Berbasis Proyek Seni (Project-Based Learning)
Menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek untuk memungkinkan siswa menghasilkan karya seni yang terintegrasi dan relevan.

Teknik Menggambar dan Melukis
Mengajarkan teknik dasar menggambar dan melukis, seperti shading dan perspektif, untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan visual.

Penggunaan Media dan Alat dalam Seni Budaya
Mengajarkan teknik penggunaan alat seni, seperti kuas dan tanah liat, dengan benar agar siswa mampu bereksperimen secara aman dan efektif.

Pengembangan Pembelajaran Seni Berbasis Konteks Budaya Lokal
Mendorong siswa mengenal dan menghargai seni lokal, seperti batik atau gamelan, untuk melestarikan budaya daerah.

Etika dan Penghargaan terhadap Seni dan Budaya
Mengajarkan pentingnya menghargai karya seni dan budaya, baik tradisional maupun modern, serta membina sikap etis dalam berkarya.

Teknik Pementasan dan Presentasi Karya Seni
Mengajarkan persiapan dan penyajian karya seni dalam berbagai bentuk, seperti pameran atau pertunjukan, untuk memperkenalkan seni kepada publik.

Pembelajaran Kolaboratif dalam Seni Budaya
Mengembangkan keterampilan kolaboratif dengan mendorong siswa bekerja bersama dalam pementasan teater atau konser musik.

Pembelajaran Interaktif dan Kreatif di Kelas Seni
Menerapkan metode interaktif yang meningkatkan minat siswa, seperti diskusi dan simulasi seni, agar pembelajaran lebih menarik.

Teknik Fotografi Dasar
Memperkenalkan komposisi, pencahayaan, dan sudut pandang dalam fotografi, untuk mengembangkan keterampilan visual siswa.

Pengembangan Sikap Apresiatif dan Empati terhadap Seni
Mendidik siswa untuk menghargai karya seni dan memahami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Pengenalan Seni Modern dan Kontemporer
Memperkenalkan siswa pada perkembangan seni modern dan kontemporer, termasuk aliran-aliran baru, agar mereka mengenal dinamika seni saat ini.

Penerapan Media Digital dalam Pembelajaran Seni
Memanfaatkan aplikasi desain grafis dan alat musik digital untuk mendukung pembelajaran seni berbasis teknologi.

Pengelolaan Pameran dan Kegiatan Seni
Mengajarkan dasar manajemen kegiatan seni sekolah, dari persiapan hingga promosi, untuk memperkenalkan hasil karya siswa.

Pengenalan Karya Seni Mancanegara
Mengenalkan seni dari berbagai negara untuk menumbuhkan penghargaan terhadap budaya global.

Penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Seni Budaya
Mampu menyusun RPP yang kreatif untuk mencapai tujuan pembelajaran seni dan memaksimalkan potensi siswa.

Contoh Soal Guru Seni Budaya

Contoh soal berikut dirancang untuk menguji pemahaman mendalam dan keterampilan penting yang harus dimiliki dalam formasi Guru Seni Budaya. Soal-soal ini mencakup berbagai aspek, mulai dari teori dasar seni rupa, musik, tari, hingga metode pembelajaran kreatif dan apresiasi budaya. Berikut contoh soalnya:

1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menekankan pentingnya pendidikan seni budaya dalam pembentukan karakter siswa. Nilai utama yang ingin dikembangkan melalui pendidikan seni budaya adalah…

A. Keterampilan akademik siswa
B. Kesediaan siswa untuk mengikuti pelajaran wajib
C. Kemampuan menghafal sejarah seni
D. Kemampuan berbicara di depan umum
E. Kepekaan estetika dan apresiasi budaya

Pembahasan: Jawaban E benar, karena tujuan utama pendidikan seni budaya dalam UU No. 20 Tahun 2003 adalah mengembangkan kepekaan estetika dan apresiasi terhadap budaya.

2. Dalam Kurikulum K13 dan Kurikulum Merdeka, pendekatan tematik pada pembelajaran seni budaya berfungsi untuk…

A. Mengurangi jumlah materi yang diajarkan
B. Menghubungkan berbagai aspek seni agar lebih relevan bagi siswa
C. Menghindari penggunaan alat peraga dalam pembelajaran
D. Memisahkan pelajaran seni rupa dan musik
E. Meningkatkan durasi belajar secara signifikan

Pembahasan: Jawaban B benar, pendekatan tematik bertujuan untuk mengintegrasikan berbagai aspek seni agar pembelajaran menjadi relevan dan menarik bagi siswa.

3. Salah satu teknik yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam berkarya seni adalah…

A. Mendorong siswa meniru karya seni terkenal
B. Mengajarkan teknik shading secara intensif
C. Membiarkan siswa bereksperimen dengan alat dan media
D. Mengurangi jumlah proyek seni dalam satu semester
E. Mengutamakan aspek akademik dalam semua karya seni

Pembahasan: Jawaban C benar, karena bereksperimen dengan alat dan media membantu siswa mengembangkan kreativitas.

4. Sejarah seni rupa Indonesia mencakup perkembangan berbagai aliran seni. Salah satu aliran seni rupa modern yang berkembang pada abad ke-20 adalah…

A. Realisme
B. Romantisisme
C. Ekspresionisme
D. Kubisme
E. Naturalisme

Pembahasan: Jawaban C benar, karena ekspresionisme adalah salah satu aliran seni rupa modern yang populer pada abad ke-20 di Indonesia.

5. Dalam kritik seni, salah satu aspek yang dinilai untuk mengembangkan kemampuan siswa adalah…

A. Keterampilan mengingat tanggal penting dalam seni
B. Pemahaman elemen dan prinsip seni dalam karya
C. Penghapusan seluruh kesalahan dalam karya seni
D. Penggunaan alat bantu dalam berkarya
E. Mengikuti semua aturan tanpa adanya kreativitas

Pembahasan: Jawaban B benar, karena dalam kritik seni, elemen dan prinsip seni menjadi dasar utama penilaian.

6. Prinsip dasar seni rupa yang harus diajarkan pada siswa untuk memahami komposisi dalam karya seni adalah…

A. Teknik menggambar bebas
B. Penggunaan warna secara realistis
C. Hanya menggunakan teknik pensil
D. Garis, bentuk, dan ruang
E. Menghindari penggunaan tekstur

Pembahasan: Jawaban D benar, karena garis, bentuk, dan ruang adalah elemen dasar yang penting dalam komposisi karya seni rupa.

7. Dalam pengajaran seni musik, salah satu teknik dasar yang perlu dikuasai siswa adalah…

A. Pemahaman mendalam tentang sejarah musik
B. Teknik melukis untuk menciptakan pola
C. Ritme, melodi, dan harmoni
D. Teknik menyusun gambar musik
E. Penghapusan suara dalam proses pembelajaran

Pembahasan: Jawaban C benar, karena ritme, melodi, dan harmoni adalah dasar penting dalam seni musik.

8. Teknik dasar dalam seni tari yang meliputi gerakan, pola lantai, dan ekspresi bertujuan untuk…

A. Membatasi gerakan siswa pada pola tertentu
B. Meningkatkan ketertarikan siswa pada teater
C.Mengutamakan ekspresi tanpa adanya keteraturan
D. Mengembangkan kemampuan teknis siswa dalam menari
E. Menghindari aspek emosional dalam tarian

Pembahasan: Jawaban D benar, karena teknik dasar tari melatih keterampilan teknis siswa dalam menari.

9. Salah satu keterampilan utama dalam seni teater yang diajarkan kepada siswa adalah…

A. Kemampuan menghafal cerita rakyat
B. Menjauhi elemen teknis dalam drama
C. Teknik melukis untuk pementasan teater
D. Hanya memahami teks naskah tanpa peran
E. Ekspresi, intonasi, dan gerakan tubuh

Pembahasan: Jawaban E benar, karena ekspresi, intonasi, dan gerakan tubuh adalah dasar seni peran yang penting dalam teater.

10. Pembelajaran berbasis proyek dalam seni budaya memungkinkan siswa untuk…

A. Menghindari semua kegiatan praktikum
B. Menghasilkan karya seni yang bersifat kolaboratif
C. Mengurangi waktu persiapan pementasan
D. Menciptakan karya seni secara individu
E. Menghilangkan pengaruh guru dalam proyek seni

Pembahasan: Jawaban B benar, karena pembelajaran berbasis proyek mendorong siswa untuk berkolaborasi dalam menghasilkan karya seni.

11. Dalam mengajarkan teknik menggambar, salah satu hal penting yang harus diperhatikan guru adalah…

A. Menggunakan shading dan perspektif dengan tepat
B. Menghindari penggunaan warna sepenuhnya
C. Hanya menggunakan teknik menggambar bebas
D. Menghindari penggunaan alat gambar khusus
E. Menggunakan satu jenis alat gambar saja

Pembahasan: Jawaban A benar, shading dan perspektif adalah teknik penting dalam menggambar.

12. Penggunaan media seperti kuas, cat, dan tanah liat dalam pembelajaran seni rupa bertujuan untuk…

A. Meningkatkan aspek akademik siswa
B. Memberikan pengalaman kreatif yang beragam bagi siswa
C. Menyederhanakan proses belajar
D. Menghindari kesalahan teknis
E. Membatasi kebebasan siswa dalam berkarya

Pembahasan: Jawaban B benar, media yang beragam memberikan pengalaman kreatif yang berharga bagi siswa.

13. Pembelajaran seni berbasis budaya lokal membantu siswa untuk…

A. Menghindari semua jenis seni modern
B. Mengutamakan seni lokal tanpa inovasi
C. Mengurangi minat terhadap seni mancanegara
D. Hanya mempelajari seni tradisional
E. Mengenal dan menghargai kekayaan seni daerah

Pembahasan: Jawaban E benar, pembelajaran berbasis budaya lokal membantu siswa menghargai seni daerah.

14. Etika dalam berkarya seni sangat penting untuk diajarkan karena…

A. Membatasi kreativitas siswa
B. Mengajarkan siswa menghargai karya orang lain
C. Mengurangi keberagaman seni yang dihasilkan
D. Menghindari diskusi karya seni
E. Mengutamakan keseragaman karya

Pembahasan: Jawaban B benar, etika dalam berkarya seni membantu siswa menghargai karya seni orang lain.

15. Teknik pementasan dan presentasi karya seni diperlukan agar siswa dapat…

A. Menghindari kontak dengan penonton
B. Mengurangi jumlah peserta dalam pementasan
C. Menyembunyikan kesalahan dalam karya
D. Menyajikan karya seni mereka secara profesional
E. Mengutamakan karya seni pribadi di atas kelompok

Pembahasan: Jawaban D benar, teknik pementasan membantu siswa menampilkan karya dengan cara yang profesional.

16. Dalam pembelajaran kolaboratif seni budaya, siswa belajar untuk…

A. Mengurangi peran individu dalam berkarya
B. Bekerja sama untuk menghasilkan karya bersama
C. Mengutamakan peran utama dalam setiap karya
D. Menghindari diskusi dan argumentasi
E. Menetapkan peran tunggal bagi seluruh siswa

Pembahasan: Jawaban B benar, pembelajaran kolaboratif menekankan kerja sama dalam berkarya.

17. Metode interaktif dalam kelas seni bertujuan untuk…

A. Mengurangi jumlah aktivitas di kelas
B. Meningkatkan minat siswa terhadap seni budaya
C. Membatasi interaksi siswa dengan guru
D. Menghindari eksplorasi alat-alat seni
E. Mengutamakan kegiatan akademis di atas praktik

Pembahasan: Jawaban B benar, metode interaktif meningkatkan minat siswa terhadap seni budaya.

18. Dalam seni fotografi dasar, salah satu teknik penting yang harus dipelajari siswa adalah…

A. Memotret tanpa pencahayaan
B. Menyusun komposisi dan pencahayaan dengan baik
C. Menghindari sudut pandang yang berbeda
D. Memotret dengan alat seadanya
E. Menghindari elemen visual dalam foto

Pembahasan: Jawaban B benar, komposisi dan pencahayaan adalah teknik dasar dalam fotografi.

19. Mengajarkan seni modern dan kontemporer penting bagi siswa agar mereka…

A. Mengutamakan seni tradisional di atas seni kontemporer
B. Mengenal dan memahami perkembangan aliran seni baru
C. Menghindari perkembangan seni lokal
D. Menyukai seni mancanegara lebih dari seni lokal
E. Mengutamakan aliran klasik di semua karya

Pembahasan: Jawaban B benar, seni modern dan kontemporer memperkenalkan aliran seni baru kepada siswa.

20. Penerapan media digital dalam pembelajaran seni berguna untuk…

A. Memudahkan siswa dalam berkarya melalui aplikasi kreatif
B. Menggantikan semua alat manual
C. Mengurangi eksplorasi seni tradisional
D. Menyederhanakan proses menggambar
E. Mengurangi jumlah karya seni

Pembahasan: Jawaban A benar, media digital memudahkan siswa dalam bereksplorasi melalui aplikasi kreatif.

Persiapkan Diri Menjadi Guru Seni Budaya yang Profesional dengan Sistem CAT di Fungsional.id!

Untuk menghadapi ujian CPNS PPPK formasi Guru Seni Budaya dengan percaya diri, latih kemampuan Anda menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) di Fungsional.id. Sistem ini menyajikan soal-soal latihan yang dirancang sesuai kisi-kisi resmi, mencakup pemahaman seni rupa, musik, tari, teater, dan metode pengajaran kreatif. Evaluasi hasil yang cepat dan akurat membantu Anda mengenali kekuatan dan kelemahan. Mulailah tryout sekarang di Fungsional.id dan tingkatkan peluang sukses Anda dalam seleksi Guru Seni Budaya!

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo!
Silahkan Hubungi Kami Jika Ada Pertanyaan...