100+ Soal CPNS PPPK Okupasi Terapis + Kisi-Kisi Pembahasan

100+ Soal CPNS PPPK Okupasi Terapis + Kisi-Kisi Pembahasan

Okupasi Terapis adalah profesi yang memainkan peran penting dalam tim medis dengan fokus pada pemulihan dan peningkatan kualitas hidup pasien melalui berbagai teknik terapi. Terapis bekerja untuk membantu pasien yang mengalami gangguan fisik, emosional, atau kognitif agar dapat kembali menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik. Mereka menggunakan berbagai metode terapi, seperti terapi fisik, okupasi, atau bicara, sesuai dengan kebutuhan individu pasien. Dalam lingkup kerja mereka, terapis berkolaborasi dengan dokter, perawat, dan profesional kesehatan lainnya untuk merancang dan menerapkan rencana perawatan yang efektif, serta memantau kemajuan pasien untuk mencapai hasil yang optimal.

Selain tugas utama dalam memberikan terapi, Okupasi Terapis juga terlibat dalam penilaian dan diagnosis awal, serta penyesuaian rencana terapi berdasarkan perkembangan kondisi pasien. Mereka harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang teknik terapi yang relevan, keterampilan komunikasi yang baik, dan kemampuan untuk mengatasi berbagai tantangan yang mungkin muncul selama proses terapi. Jabatan ini menuntut dedikasi tinggi, empati, dan ketelitian untuk memastikan bahwa pasien menerima perawatan yang berkualitas dan mendapatkan dukungan maksimal dalam perjalanan pemulihan mereka.

Kisi-Kisi Soal Okupasi Terapis

Kisi-Kisi Soal Okupasi Terapis memberikan gambaran mendetail mengenai topik dan jenis soal yang akan diujikan dalam tes CPNS dan PPPK untuk posisi terapis.

Undang-Undang No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan: Mengatur dasar hukum mengenai tenaga kesehatan, termasuk peran, fungsi, dan tanggung jawab seorang Okupasi Terapis dalam layanan kesehatan di Indonesia.

Peraturan Menteri Kesehatan No. 80 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan Terapis Okupasi: Mengatur tentang pelaksanaan pekerjaan Okupasi Terapis, standar kompetensi, serta kewajiban dalam memberikan pelayanan terapi okupasi.

Konsep Dasar Terapi Okupasi: Pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar terapi okupasi, termasuk definisi, tujuan, dan peran terapi okupasi dalam meningkatkan kualitas hidup individu dengan gangguan fisik, mental, atau perkembangan.

Anatomi dan Fisiologi Manusia: Pengetahuan tentang anatomi dan fisiologi sistem tubuh yang relevan untuk terapi okupasi, termasuk sistem muskuloskeletal, saraf, dan sensorik.

Proses Evaluasi dalam Terapi Okupasi: Teknik untuk melakukan evaluasi pasien dalam terapi okupasi, termasuk penggunaan instrumen dan skala evaluasi untuk menilai kemampuan fungsional, keterampilan motorik, dan keseimbangan mental pasien.

Intervensi Terapi Okupasi: Strategi dan teknik intervensi untuk meningkatkan atau memulihkan kemampuan fungsional pasien, termasuk latihan aktivitas sehari-hari (ADL), latihan keterampilan motorik halus dan kasar, serta teknik kompensasi.

Pengelolaan Kasus dalam Terapi Okupasi: Kemampuan untuk merancang dan mengelola rencana intervensi individual berdasarkan hasil evaluasi, termasuk penentuan tujuan terapi, pemilihan metode intervensi, dan penilaian hasil.

Terapi Okupasi untuk Anak: Teknik terapi yang digunakan untuk anak-anak dengan gangguan perkembangan, termasuk intervensi untuk autisme, ADHD, cerebral palsy, dan gangguan sensorik.

Terapi Okupasi untuk Lansia: Teknik terapi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia, termasuk intervensi untuk penurunan fungsi kognitif, gangguan mobilitas, dan penyesuaian lingkungan rumah.

Contoh Soal Okupasi Terapis untuk CPNS & PPPK

Contoh Soal Okupasi Terapis untuk CPNS & PPPK

Contoh Soal Okupasi Terapis untuk CPNS & PPPK menyajikan berbagai jenis pertanyaan yang mungkin dihadapi dalam ujian. Bagian ini bertujuan untuk memberikan gambaran praktis tentang tipe soal serta strategi menjawab yang efektif.

1. Berdasarkan Undang-Undang No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan, seorang Okupasi Terapis memiliki peran penting dalam layanan kesehatan. Apa yang menjadi fokus utama dari peran seorang Okupasi Terapis dalam konteks ini?

A. Meningkatkan kualitas hidup individu dengan gangguan fisik, mental, atau perkembangan
B. Memberikan diagnosa medis terhadap pasien
C. Melakukan prosedur bedah untuk pasien dengan gangguan muskuloskeletal
D. Menggantikan peran dokter dalam pelayanan kesehatan sehari-hari
E. Menyusun kebijakan kesehatan di tingkat nasional

Jawaban: A. Meningkatkan kualitas hidup individu dengan gangguan fisik, mental, atau perkembangan

Pembahasan: Peran utama seorang Okupasi Terapis adalah meningkatkan kualitas hidup individu dengan gangguan fisik, mental, atau perkembangan melalui intervensi dan teknik terapi okupasi.

2. Dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 80 Tahun 2013, apa yang dimaksud dengan “standar kompetensi” dalam pekerjaan seorang Okupasi Terapis?

A. Kemampuan dasar untuk melakukan diagnosa
B. Kemampuan untuk melaksanakan intervensi terapi okupasi dengan tepat dan efektif
C. Penguasaan terhadap berbagai jenis alat kesehatan
D. Keterampilan komunikasi dengan tim medis lainnya
E. Kemampuan untuk menulis resep obat

Jawaban: B. Kemampuan untuk melaksanakan intervensi terapi okupasi dengan tepat dan efektif

Pembahasan: Standar kompetensi dalam pekerjaan seorang Okupasi Terapis merujuk pada kemampuan untuk melaksanakan intervensi terapi okupasi dengan tepat dan efektif sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

3. Salah satu tujuan utama terapi okupasi adalah membantu individu dengan gangguan fisik, mental, atau perkembangan. Apa definisi yang tepat untuk terapi okupasi?

A. Proses rehabilitasi yang fokus pada penggunaan obat-obatan
B. Terapi yang bertujuan untuk menyembuhkan gangguan mental melalui aktivitas fisik
C. Penggunaan aktivitas sehari-hari untuk meningkatkan kemampuan fungsional individu
D. Penggunaan metode pembedahan untuk mengatasi gangguan fisik
E. Prosedur medis yang bertujuan untuk menstabilkan kondisi pasien

Jawaban: C. Penggunaan aktivitas sehari-hari untuk meningkatkan kemampuan fungsional individu

Pembahasan: Terapi okupasi adalah penggunaan aktivitas sehari-hari yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fungsional individu, membantu mereka menjalani kehidupan yang lebih mandiri.

4. Dalam anatomi sistem muskuloskeletal, otot manakah yang berperan utama dalam fleksibilitas jari-jari tangan?

A. Otot biceps brachii
B. Otot triceps brachii
C. Otot flexor digitorum profundus
D. Otot deltoid
E. Otot pectoralis major

Jawaban: C. Otot flexor digitorum profundus

Pembahasan: Otot flexor digitorum profundus berperan utama dalam fleksibilitas jari-jari tangan, memungkinkan gerakan fleksi pada sendi-sendi jari.

5. Pada saat melakukan evaluasi dalam terapi okupasi, instrumen apa yang paling sering digunakan untuk menilai kemampuan fungsional pasien dalam melakukan aktivitas sehari-hari?

A. Electroencephalogram (EEG)
B. Glasgow Coma Scale (GCS)
C. Barthel Index
D. X-ray
E. Magnetic Resonance Imaging (MRI)

Jawaban: C. Barthel Index

Pembahasan: Barthel Index adalah instrumen evaluasi yang sering digunakan untuk menilai kemampuan fungsional pasien dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti makan, berpakaian, dan mobilitas.

6. Salah satu teknik intervensi dalam terapi okupasi adalah latihan aktivitas sehari-hari (ADL). Apa yang menjadi fokus utama dari teknik ini?

A. Melatih keterampilan medis pasien
B. Membantu pasien dalam melakukan aktivitas dasar sehari-hari seperti mandi, makan, dan berpakaian
C. Mengajarkan pasien tentang penggunaan alat kesehatan
D. Memberikan terapi kelompok untuk pasien
E. Menyusun rencana diet untuk pasien

Jawaban: B. Membantu pasien dalam melakukan aktivitas dasar sehari-hari seperti mandi, makan, dan berpakaian

Pembahasan: Latihan aktivitas sehari-hari (ADL) fokus pada membantu pasien dalam melakukan aktivitas dasar seperti mandi, makan, dan berpakaian, yang merupakan bagian dari kemandirian sehari-hari.

7. Dalam pengelolaan kasus terapi okupasi, apa langkah pertama yang harus dilakukan seorang Okupasi Terapis setelah mendapatkan hasil evaluasi pasien?

A. Menetapkan diagnosa medis
B. Menentukan tujuan terapi yang spesifik
C. Meresepkan obat untuk pasien
D. Melakukan konsultasi dengan dokter spesialis
E. Melakukan prosedur bedah

Jawaban: B. Menentukan tujuan terapi yang spesifik

Pembahasan: Setelah mendapatkan hasil evaluasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan terapi yang spesifik berdasarkan kebutuhan dan kondisi pasien.

8. Pada terapi okupasi untuk anak-anak dengan autisme, teknik apa yang paling sering digunakan untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial?

A. Desensitisasi sistem sensorik
B. Terapi perilaku kognitif
C. Pelatihan keterampilan sosial melalui permainan terstruktur
D. Terapi fisik intensif
E. Penggunaan obat penenang

Jawaban: C. Pelatihan keterampilan sosial melalui permainan terstruktur

Pembahasan: Pelatihan keterampilan sosial melalui permainan terstruktur adalah teknik yang sering digunakan dalam terapi okupasi untuk membantu anak-anak dengan autisme mengembangkan keterampilan sosial.

9. Salah satu tantangan dalam terapi okupasi untuk lansia adalah penurunan fungsi kognitif. Intervensi apa yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini?

A. Latihan resistensi untuk otot
B. Aktivitas stimulasi kognitif seperti teka-teki atau permainan memori
C. Penggunaan alat bantu jalan
D. Pelatihan pengendalian emosi
E. Terapi akupunktur

Jawaban: B. Aktivitas stimulasi kognitif seperti teka-teki atau permainan memori

Pembahasan: Aktivitas stimulasi kognitif seperti teka-teki atau permainan memori adalah intervensi yang dapat membantu mengatasi penurunan fungsi kognitif pada lansia.

10. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 80 Tahun 2013, apa kewajiban utama seorang Okupasi Terapis dalam memberikan pelayanan terapi okupasi?

A. Mempromosikan layanan terapi okupasi kepada masyarakat
B. Memberikan layanan terapi sesuai standar kompetensi yang ditetapkan
C. Mengelola seluruh aspek keuangan klinik
D. Menulis resep untuk pasien
E. Melakukan operasi bedah minor

Jawaban: B. Memberikan layanan terapi sesuai standar kompetensi yang ditetapkan

Pembahasan: Kewajiban utama seorang Okupasi Terapis adalah memberikan layanan terapi yang sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan, untuk memastikan pelayanan yang berkualitas dan efektif.

11. Apa peran utama dari sistem saraf pusat dalam terapi okupasi?

A. Mengontrol gerakan refleks pasien
B. Menyediakan aliran darah ke otot
C. Mengatur respon sensorik dan motorik yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari
D. Mengatur keseimbangan hormon tubuh
E. Menyembuhkan luka

Jawaban: C. Mengatur respon sensorik dan motorik yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari

Pembahasan: Sistem saraf pusat memainkan peran penting dalam mengatur respon sensorik dan motorik yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari, yang merupakan fokus dari terapi okupasi.

12. Apa yang dimaksud dengan teknik kompensasi dalam intervensi terapi okupasi?

A. Teknik untuk mengurangi rasa sakit
B. Strategi untuk membantu pasien mengatasi keterbatasan dengan menggunakan alat bantu atau metode alternatif
C. Latihan fisik intensif untuk memperkuat otot
D. Penggunaan obat-obatan untuk meningkatkan kinerja
E. Terapi kelompok untuk meningkatkan motivasi pasien

Jawaban: B. Strategi untuk membantu pasien mengatasi keterbatasan dengan menggunakan alat bantu atau metode alternatif

Pembahasan: Teknik kompensasi adalah strategi untuk membantu pasien mengatasi keterbatasan fungsional dengan menggunakan alat bantu atau metode alternatif, agar tetap dapat menjalani aktivitas sehari-hari.

13. Dalam terapi okupasi untuk anak dengan cerebral palsy, apa tujuan utama dari intervensi yang dilakukan?

A. Meningkatkan kemandirian anak dalam aktivitas sehari-hari
B. Menyembuhkan penyakit
C. Mengurangi kebutuhan anak akan interaksi sosial
D. Mengurangi ketergantungan pada terapi okupasi
E. Meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi verbal

Jawaban: A. Meningkatkan kemandirian anak dalam aktivitas sehari-hari

Pembahasan: Tujuan utama dari intervensi terapi okupasi pada anak dengan cerebral palsy adalah meningkatkan kemandirian anak dalam aktivitas sehari-hari, membantu mereka mengatasi tantangan fisik yang dihadapi.

14. Apa yang menjadi fokus utama terapi okupasi untuk lansia yang mengalami gangguan mobilitas?

A. Mengajarkan lansia keterampilan komunikasi
B. Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui latihan tangan
C. Membantu lansia mempertahankan atau meningkatkan mobilitas melalui penggunaan alat bantu atau latihan
D. Memberikan pendidikan tentang nutrisi
E. Mengurangi kecemasan lansia melalui terapi perilaku

Jawaban: C. Membantu lansia mempertahankan atau meningkatkan mobilitas melalui penggunaan alat bantu atau latihan

Pembahasan: Fokus utama terapi okupasi untuk lansia yang mengalami gangguan mobilitas adalah membantu mereka mempertahankan atau meningkatkan mobilitas melalui penggunaan alat bantu atau latihan.

15. Mengapa penting bagi seorang Okupasi Terapis untuk memahami anatomi dan fisiologi sistem saraf?

A. Untuk memberikan diagnosa medis yang tepat
B. Untuk merancang intervensi yang sesuai berdasarkan pemahaman tentang bagaimana sistem saraf mempengaruhi gerakan dan respon tubuh
C. Untuk mengelola keuangan klinik
D. Untuk memastikan pasien tidak mengalami cedera selama sesi terapi
E. Untuk memberikan konsultasi gizi kepada pasien

Jawaban: B. Untuk merancang intervensi yang sesuai berdasarkan pemahaman tentang bagaimana sistem saraf mempengaruhi gerakan dan respon tubuh

Pembahasan: Pemahaman tentang anatomi dan fisiologi sistem saraf penting bagi seorang Okupasi Terapis untuk merancang intervensi yang sesuai, karena sistem saraf memainkan peran kunci dalam mengontrol gerakan dan respon tubuh.

16. Dalam proses evaluasi terapi okupasi, apa yang menjadi fokus utama ketika menilai keterampilan motorik halus pasien?

A. Kemampuan pasien dalam mengatur emosi
B. Kemampuan pasien dalam melakukan gerakan kecil dan presisi, seperti menulis atau mengambil benda kecil
C. Kemampuan pasien dalam berjalan dengan bantuan
D. Kemampuan pasien dalam berkomunikasi secara verbal
E. Kemampuan pasien dalam mengingat informasi

Jawaban: B. Kemampuan pasien dalam melakukan gerakan kecil dan presisi, seperti menulis atau mengambil benda kecil

Pembahasan: Fokus utama ketika menilai keterampilan motorik halus adalah kemampuan pasien dalam melakukan gerakan kecil dan presisi, yang penting untuk aktivitas seperti menulis atau mengambil benda kecil.

17. Apa tujuan utama dari penggunaan alat bantu dalam terapi okupasi?

A. Untuk meningkatkan pendapatan klinik
B. Untuk mengurangi ketergantungan pasien pada terapi okupasi
C. Untuk menggantikan peran terapis dalam sesi terapi
D. Untuk membantu pasien melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mandiri meskipun ada keterbatasan fisik
E. Untuk melatih keterampilan komunikasi pasien

Jawaban: D. Untuk membantu pasien melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mandiri meskipun ada keterbatasan fisik

Pembahasan: Tujuan utama dari penggunaan alat bantu dalam terapi okupasi adalah membantu pasien melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mandiri meskipun ada keterbatasan fisik.

18. Bagaimana terapi okupasi dapat membantu anak dengan ADHD dalam lingkungan sekolah?

A. Dengan mengajarkan anak tentang teori belajar
B. Dengan memberikan latihan fisik intensif
C. Dengan membantu anak mengembangkan keterampilan organisasi dan fokus melalui aktivitas yang terstruktur
D. Dengan mengurangi jam belajar anak
E. Dengan memberikan terapi kelompok kepada anak

Jawaban: C. Dengan membantu anak mengembangkan keterampilan organisasi dan fokus melalui aktivitas yang terstruktur

Pembahasan: Terapi okupasi dapat membantu anak dengan ADHD dengan membantu mereka mengembangkan keterampilan organisasi dan fokus melalui aktivitas yang terstruktur, sehingga mereka dapat lebih baik dalam beradaptasi di lingkungan sekolah.

19. Apa yang menjadi fokus utama dalam terapi okupasi untuk lansia yang mengalami penurunan fungsi kognitif?

A. Mengajarkan lansia tentang nutrisi sehat
B. Mengurangi aktivitas fisik lansia
C. Menggunakan teknik stimulasi kognitif untuk mempertahankan atau meningkatkan fungsi kognitif
D. Mengajarkan lansia cara menggunakan alat bantu kesehatan
E. Melatih lansia dalam keterampilan motorik kasar

Jawaban: C. Menggunakan teknik stimulasi kognitif untuk mempertahankan atau meningkatkan fungsi kognitif

Pembahasan: Fokus utama dalam terapi okupasi untuk lansia yang mengalami penurunan fungsi kognitif adalah menggunakan teknik stimulasi kognitif untuk mempertahankan atau meningkatkan fungsi kognitif.

20. Berdasarkan konsep dasar terapi okupasi, apa yang dimaksud dengan “occupational performance”?

A. Kemampuan untuk mengatasi gangguan fisik dengan obat-obatan
B. Tingkat kemampuan individu dalam melakukan aktivitas yang berarti dan sehari-hari
C. Kemampuan untuk memberikan perawatan medis
D. Hasil dari intervensi bedah
E. Kemampuan dalam mengatur waktu dan jadwal harian

Jawaban: B. Tingkat kemampuan individu dalam melakukan aktivitas yang berarti dan sehari-hari

Pembahasan: “Occupational performance” mengacu pada tingkat kemampuan individu dalam melakukan aktivitas yang berarti dan sehari-hari, yang menjadi fokus utama dalam terapi okupasi.

Jangan Berhenti di Sini, Lanjutkan Latihan Anda dengan 100+ Soal Okupasi Terapis!

Anda sudah selangkah lebih dekat menuju sukses ujian CPNS PPPK Okupasi Terapis! Lanjutkan latihan Anda dan akses lebih dari 100 soal eksklusif dengan kisi-kisi pembahasan di sistem kami. Masuk ke sistem kami https://fungsional.id atau klik banner di atas untuk masuk dan mendaftar GRATIS. Teruskan perjalanan Anda menuju kelulusan. Soal-soal terbaik menunggu Anda di sistem kami!

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo!
Silahkan Hubungi Kami Jika Ada Pertanyaan...