100+ Soal TIU CPNS (Tes Intelegensi Umum) Kisi-Kisi Terbaru 2024

100+ Soal TIU CPNS (Tes Intelegensi Umum) Kisi-Kisi Terbaru 2024

Apakah Anda siap menghadapi tantangan dalam seleksi CPNS tahun ini? Tes Intelegensi Umum (TIU) merupakan salah satu bagian dalam ujian tersebut, dan memahami seluk-beluk soal TIU CPNS (Tes Intelegensi Umum) sangat penting untuk meraih hasil terbaik. Dalam artikel ini, kamu akan mengulas  mengenai TIU CPNS, memberikan kisi-kisi terbaru yang perlu Anda ketahui, dan menyajikan contoh soal TIU CPNS (Tes Intelegensi Umum) untuk membantu Anda mempersiapkan diri dengan lebih efektif.

Apa Itu TIU CPNS (Tes Intelegensi Umum) ?

Apa Itu TIU CPNS  (Tes Intelegensi Umum)

Tes Intelegensi Umum (TIU) dalam seleksi (CPNS) merupakan salah satu tahapan penting untuk menilai kemampuan intelektual calon pelamar. TIU dirancang untuk mengukur berbagai aspek kemampuan berpikir, seperti kemampuan verbal, numerik, dan logika. Tes ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa baik Anda dalam memecahkan masalah, memahami informasi, serta menerapkan pengetahuan secara praktis.

Dengan hasil TIU yang baik, Anda bisa menunjukkan potensi yang dimiliki untuk berkontribusi secara efektif di lingkungan kerja pemerintahan. Dalam persiapan menghadapi TIU CPNS, penting untuk memahami jenis soal yang akan dihadapi dan berlatih dengan berbagai tipe soal. Anda dapat menggunakan berbagai sumber belajar, seperti buku, aplikasi latihan soal, dan kursus online, untuk meningkatkan kemampuan dan kecepatan dalam menjawab soal. 

Setelah mengetahui Apa Itu TIU CPNS, selanjutnya simak Kisi-Kisi Soal TIU CPNS 2024-2025 untuk memahami jenis-jenis soal yang akan dihadapi. Ini akan membantu Anda dalam persiapan ujian.

Kisi-Kisi Soal TIU CPNS 2024-2025

Saatnya mempersiapkan diri untuk ujian TIU CPNS 2024-2025! Di bagian ini, kami akan membahas kisi-kisi soal yang harus Anda ketahui untuk menghadapi tes ini dengan percaya diri. Dengan memahami jenis-jenis soal dan topik yang akan diujikan, Anda dapat merencanakan strategi belajar yang lebih efektif. Jadi, mari kita gali lebih dalam dan persiapkan diri Anda untuk sukses!

  1. Kemampuan Verbal

Untuk kemampuan verbal, Anda perlu mempelajari sinonim, antonim, analoji kata, dan pemahaman wacana agar bisa memahami dan menggunakan kata-kata secara efektif.

  1. Kemampuan Numerik

Kemampuan numerik melibatkan Anda terhadap kemampuan menghitung dan menerapkan matematika dalam situasi nyata, seperti operasi dasar dan analisis data.

  • Aritmetika

Anda perlu mempelajari operasi hitung dasar, bilangan bulat dan pecahan, serta cara menghitung persentase.

  • Aljabar

Pelajari cara menyelesaikan sistem persamaan linear dengan metode substitusi, eliminasi, dan matriks.

  • Geometri dan Pengukuran

Anda perlu memahami konsep bangun datar, bangun ruang, dan cara mengukur panjang, luas, serta volume.

  1. Kemampuan Logika

Kemampuan logika adalah salah satu aspek penting dalam TIU CPNS yang menguji seberapa baik Anda dapat berpikir secara rasional dan menyelesaikan masalah.

  • Penalaran Logis

Pahami konsep silogisme dan logika matematika yang sering muncul dalam soal.

  • Penalaran Analitis

Latih diri Anda dengan analisis pernyataan dan analisis kasus untuk meningkatkan kemampuan analitis Anda.

  1. Kemampuan Figural

Untuk kemampuan figural, Anda harus mempelajari deret gambar, analogi gambar, dan cara mengidentifikasi pola dalam visual.

Setelah memahami kisi-kisi soal TIU CPNS 2024-2025, saatnya kamu mendalami contoh soal dan pembahasan yang lebih mendetail. Di bagian berikut, kamu akan menemukan berbagai contoh soal yang dirancang untuk mengasah keterampilan dalam menghadapi Tes Intelegensi Umum.

Contoh Soal & Pembahasan TIU CPNS (Tes Intelegensi Umum) 2024-2025

Contoh Soal & Pembahasan TIU CPNS (Tes Intelegensi Umum) 2024-2025

Di sini, kami akan membahas berbagai contoh soal dan pembahasan yang dirancang khusus untuk membantu kamu mempersiapkan ujian dengan lebih baik. Simak setiap soal dengan cermat dan pelajari teknik-teknik yang akan memudahkan kamu menjawab dengan tepat dan efisien.

1. Apa sinonim kata “karya”?
A. Hasil
B. Tugas
C. Waktu
D. Kegiatan
E. Proyek

Jawaban: A. Hasil

Pembahasan: Sinonim dari “karya” adalah “hasil”. “Karya” mengacu pada hasil dari usaha atau ciptaan seseorang.

2. Apa antonim kata “sabar”?
A. Marah
B. Tenang
C. Cemas
D. Gelisah
E. Lelah

Jawaban: C. Cemas

Pembahasan: Antonim dari “sabar” adalah “cemas”. Sabar berarti tidak cepat marah atau terganggu, sedangkan cemas menunjukkan perasaan tidak tenang atau khawatir.

3. Pustakawan : Buku = Dokter : …
A. Klinik
B. Pasien
C. Obat
D. Rumah
E. Rumah Sakit

Jawaban: B. Pasien

Pembahasan: Pustakawan berhubungan dengan buku seperti dokter berhubungan dengan pasien. Pustakawan mengelola buku, dokter mengelola pasien.

4. Bacalah pernyataan berikut: “Guru adalah orang yang mendidik dan mengajar siswa di sekolah.” Apakah pernyataan ini benar?
A. Ya, benar
B. Tidak, salah
C. Tidak dapat ditentukan
D. Kurang informasi
E. Tidak relevan

Jawaban: A. Ya, benar

Pembahasan: Pernyataan tersebut benar. Guru memang berperan sebagai pendidik dan pengajar di sekolah.

5. Apa sinonim kata “sehat”?
A. Kuat
B. Lemah
C. Sakit
D. Segar
E. Buruk

Jawaban: D. Segar

Pembahasan: Sinonim dari “sehat” adalah “segar”. Kesehatan identik dengan perasaan segar dan tidak sakit.

6. Apa antonim dari kata “terang”?
A. Gelap
B. Jernih
C. Pudar
D. Menyala
E. Bersinar

Jawaban: A. Gelap

Pembahasan: Antonim dari “terang” adalah “gelap”. Terang menunjukkan pencahayaan yang jelas, sedangkan gelap adalah kebalikannya.

7. Pelukis : Kanvas = Tukang Kayu : …
A. Palu
B. Kayu
C. Gergaji
D. Rumah
E. Rencana

Jawaban: B. Kayu

Pembahasan: Pelukis menggunakan kanvas seperti tukang kayu menggunakan kayu. Kanvas adalah media untuk pelukis, kayu adalah bahan kerja tukang kayu.

8. Bacalah pernyataan berikut: “Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan mental.” Apakah pernyataan ini sesuai dengan fakta?
A. Ya, sesuai
B. Tidak, tidak sesuai
C. Tidak dapat dipastikan
D. Kurang informasi
E. Tidak relevan

Jawaban: A. Ya, sesuai

Pembahasan: Pernyataan tersebut sesuai dengan fakta bahwa berolahraga secara teratur memang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mental.

9. Apa sinonim dari kata “cerdas”?
A. Pintar
B. Bodoh
C. Lemah
D. Gembira
E. Sederhana

Jawaban: A. Pintar

Pembahasan: Sinonim dari “cerdas” adalah “pintar”. Keduanya mengacu pada kemampuan berpikir dan memahami dengan baik.

10. Apa antonim dari kata “besar”?
A. Kecil
B. Tinggi
C. Berat
D. Panjang
E. Luas

Jawaban: A. Kecil

Pembahasan: Antonim dari “besar” adalah “kecil”. Besar menunjukkan ukuran yang besar, sedangkan kecil menunjukkan ukuran yang kecil.

11. Penulis : Novel = Penyanyi : …
A. Lagu
B. Konser
C. Studio
D. Alat Musik
E. Album

Jawaban: A. Lagu

Pembahasan: Penulis membuat novel seperti penyanyi membuat lagu. Novel adalah hasil karya penulis, sedangkan lagu adalah hasil karya penyanyi.

12. Bacalah pernyataan berikut: “Siswa yang rajin belajar akan mendapatkan nilai yang baik.” Apakah pernyataan ini biasanya benar?
A. Ya, biasanya benar
B. Tidak, biasanya salah
C. Tidak dapat dipastikan
D. Kurang informasi
E. Tidak relevan

Jawaban: A. Ya, biasanya benar

Pembahasan: Pernyataan ini biasanya benar karena siswa yang rajin belajar cenderung mendapatkan nilai yang baik.

13. Apa sinonim dari kata “berani”?
A. Tangguh
B. Penuh
C. Cerdas
D. Berani
E. Malu

Jawaban: A. Tangguh

Pembahasan: Sinonim dari “berani” adalah “tangguh”. Keduanya menggambarkan sifat yang tidak mudah takut atau cemas.

14. Apa antonim dari kata “tenang”?
A. Gelisah
B. Damai
C. Stabil
D. Santai
E. Sejuk

Jawaban: A. Gelisah

Pembahasan: Antonim dari “tenang” adalah “gelisah”. Tenang berarti tidak terganggu, sedangkan gelisah berarti merasa tidak nyaman atau khawatir.

15. Kapal : Laut = Pesawat : …
A. Angkasa
B. Bandara
C. Penumpang
D. Landasan
E. Rute

Jawaban: A. Angkasa

Pembahasan: Kapal beroperasi di laut seperti pesawat beroperasi di angkasa. Laut adalah media kapal, angkasa adalah media pesawat.

16. Jika x+3=10, berapa nilai x ?

A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
E. 10

Jawaban: B. 7

Pembahasan: x+3=10 

Kurangi kedua sisi dengan 3:
x = 10−3
x = 7

17. Hitung hasil dari (8+4)×2−6÷3

A. 22
B. 20
C. 18
D. 16
E. 14

Jawaban: A. 22

Pembahasan: 

(8+4)×2−6÷3

12×2−2

24−2 = 22

18. Jika 3/4 + 2/5 dijumlahkan, hasilnya adalah?

A. 21/20

B. 23/20

C. 17/10

D. 39/10

E. 15/6

Jawaban: B. 23/20

Pembahasan: Cari KPK dari 4 dan 5 yaitu:

3/4 = 15/20

2/5 = 8/20

15/20 + 8/20 = 23/20

19. Jika harga barang setelah diskon 20% adalah Rp120.000, berapa harga awal barang tersebut?
A. Rp150.000
B. Rp160.000
C. Rp180.000
D. Rp200.000
E. Rp250.000

Jawaban: A. Rp150.000

Pembahasan:
Harga setelah diskon adalah 80% dari harga awal.
120.000 = 0.8 × Harga Awal

Harga Awal = 120.000/0.8

Harga Awal = 150.000

20. Jika 5x – 2 = 3x + 8, berapa nilai x ?

A.4

B.5

C.6

D.7

E.8

Jawaban: B.5

Pembahasan: 5x – 2 = 3x + 8

Kurangi 3x dari kedua sisi:

2x – 2 = 8

Tambahkan 2 ke kedua sisi:

2x = 10

x = 5

21. Hasil dari 7/2 × 4/3 adalah ?

A.7/6

B.14/6

C.28/12

D.28/3

E.14/3

Jawaban: E. 14/3

Pembahasan: 7/2 × 4/3 = 28/6

Sederhanakan 28/6 = 14/3

22. Kurangi 5/6 – 1/3, hasilnya adalah ?

A.1/2

B.2/3

C.4/6

D.7/12

E.2/6

Jawaban: A. 1/2

Pembahasan: Cari KPK dari 6 dan 3 yaitu 6.

5/6 = 5/6

1/3 = 2/6

5/6 – 2/6 = 3/6 = ½

23. Jika 15% dari sebuah angka adalah 30, berapa angka tersebut?

A.150

B.200

C.250

D.300

E.350

Jawaban: B. 200

Pembahasan: 0.15 × Angka 30

Angka = 30/0.15

Angka = 200

24. 5x/2 = 15 berapa nilai x ?

A.5

B.6

C.7

D.8

E.10

Jawaban: B. 6

Pembahasan: 5x/2 = 15

Kalikan kedua sisi dengan 2:

5x = 30

x = 30/5

x = 6

25. Berapa hasil dari 3³ – 4 × 2
A. 19
B. 18
C. 20
D. 22
E. 24

Jawaban: A. 19

Pembahasan: 3³ – 4 × 2
27−8 = 19

26. Jika semua Q adalah P dan beberapa P adalah X, maka dapatkah disimpulkan bahwa beberapa Q adalah X?
A. Tidak
B. Ya
C. Tidak dapat disimpulkan
D. Pasti tidak
E. Pasti ya

Jawaban: C. Tidak dapat disimpulkan

Pembahasan: Dari informasi yang diberikan, kita hanya tahu bahwa Q adalah bagian dari P dan beberapa P adalah bagian dari X. Tidak ada informasi yang cukup untuk menyimpulkan bahwa beberapa Q adalah X. Maka, jawabannya adalah tidak dapat disimpulkan.

27. Jika pernyataan berikut benar: “Jika hujan, maka jalanan basah,” dan “Jalanan basah,” apa kesimpulannya?
A. Hujan
B. Tidak hujan
C. Jalanan tidak basah
D. Hujan dan jalanan basah
E. Tidak dapat disimpulkan

Jawaban: E. Tidak dapat disimpulkan

Pembahasan: Dari pernyataan “Jika hujan, maka jalanan basah,” kita tahu bahwa hujan dapat menyebabkan jalanan basah, tetapi jalanan basah tidak selalu berarti hujan. Ada kemungkinan jalanan basah karena alasan lain.

28. Semua dokter adalah profesional. Beberapa profesional adalah guru. Apakah dapat disimpulkan bahwa beberapa dokter adalah guru?
A. Ya
B. Tidak
C. Tidak dapat disimpulkan
D. Pasti tidak
E. Pasti ya

Jawaban: C. Tidak dapat disimpulkan

Pembahasan: Dari pernyataan tersebut, kita tidak bisa memastikan hubungan langsung antara dokter dan guru. Beberapa profesional adalah guru, tetapi tidak berarti beberapa dokter juga harus guru.

29. Jika x + 3 = 7, maka x = ?
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7
E. 8

Jawaban: A. 4

Pembahasan: Untuk menyelesaikan x + 3 = 7, kita kurangi 3 dari kedua sisi, sehingga x = 7 – 3, yang berarti x = 4.

30. Seorang petani memiliki 6 apel. Ia memberikan 2 apel kepada temannya dan memakan 1 apel. Berapa banyak apel yang tersisa?
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
E. 7

Jawaban: A. 3

Pembahasan: Petani memulai dengan 6 apel, memberikan 2 apel kepada temannya (sisa 4 apel), dan memakan 1 apel, sehingga tersisa 3 apel.

31. Pernyataan: “Semua anggota tim sepak bola memiliki sepatu sepak bola.” Jika Andi adalah anggota tim sepak bola, maka:
A. Andi memiliki sepatu sepak bola
B. Andi tidak memiliki sepatu sepak bola
C. Tidak dapat disimpulkan
D. Andi tidak mungkin anggota tim sepak bola
E. Semua anggota tim sepak bola tidak memiliki sepatu sepak bola

Jawaban: A. Andi memiliki sepatu sepak bola

Pembahasan: Jika semua anggota tim sepak bola memiliki sepatu sepak bola, dan Andi adalah anggota tim, maka Andi juga harus memiliki sepatu sepak bola.

32. Jika ada 4 kotak berisi 5 bola merah dan 6 bola biru di setiap kotak, berapa total bola merah jika semua kotak digabungkan?
A. 20
B. 25
C. 30
D. 40
E. 45

Jawaban: A. 20

Pembahasan: Setiap kotak berisi 5 bola merah. Dengan 4 kotak, total bola merah = 5 x 4 = 20.

33. Jika p = 3 dan q = 2, berapa nilai dari p² + q²?
A. 10
B. 13
C. 15
D. 20
E. 25

Jawaban: B. 13

Pembahasan: p² = 3² = 9 dan q² = 2² = 4. Maka, p² + q² = 9 + 4 = 13.

34. Jika semua R adalah Y dan semua Y adalah J, maka dapatkah disimpulkan bahwa semua R adalah J?
A. Ya
B. Tidak
C. Tidak dapat disimpulkan
D. Pasti tidak
E. Pasti ya

Jawaban: A. Ya

Pembahasan: Jika semua R adalah Y dan semua Y adalah J, maka semua R harus juga menjadi J. Ini adalah implikasi langsung.

35. Semua kucing adalah hewan. Beberapa hewan adalah mamalia. Apakah dapat disimpulkan bahwa beberapa kucing adalah mamalia?
A. Ya
B. Tidak
C. Tidak dapat disimpulkan
D. Pasti tidak
E. Pasti ya

Jawaban: A. Ya

Pembahasan:Semua kucing adalah hewan, dan beberapa hewan adalah mamalia. Jadi, kemungkinan ada beberapa kucing yang juga mamalia.

36. Jika 2x – 4 = 10, berapa nilai x?
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
E. 9

Jawaban: C. 7

Pembahasan: 2x – 4 = 10. Tambahkan 4 ke kedua sisi: 2x = 14. Bagi dengan 2: x = 7.

37. Jika sebuah buku berharga 50.000 IDR dan diskon 20%, berapa harga setelah diskon?
A. 30.000 IDR
B. 35.000 IDR
C. 40.000 IDR
D. 45.000 IDR
E. 50.000 IDR

Jawaban: C. 40.000 IDR

Pembahasan: Diskon 20% dari 50.000 IDR adalah 10.000 IDR, sehingga harga setelah diskon adalah 50.000 – 10.000 = 40.000 IDR.

38. Jika semua buah jeruk berwarna orange dan beberapa buah berwarna orange adalah apel, maka dapatkah disimpulkan bahwa beberapa buah jeruk adalah apel?
A. Ya
B. Tidak
C. Tidak dapat disimpulkan
D. Pasti tidak
E. Pasti ya

Jawaban: B. Tidak

Pembahasan: Jika beberapa buah berwarna orange adalah apel, tidak dapat disimpulkan bahwa jeruk (yang juga berwarna orange) adalah apel.

39. Jika sebuah kelas memiliki 20 siswa, dan 12 siswa menyukai matematika, berapa banyak siswa yang tidak menyukai matematika?
A. 8
B. 12
C. 16
D. 18
E. 20

Jawaban: A. 8

Pembahasan: Jumlah siswa yang tidak menyukai matematika adalah 20 – 12 = 8.

40. Jika p dan q adalah bilangan bulat positif dan p > q, maka nilai p + q pasti:
A. Lebih kecil dari 2p
B. Lebih besar dari 2p
C. Lebih kecil dari 2q
D. Lebih besar dari 2q
E. Sama dengan 2p

Jawaban: A. Lebih kecil dari 2p

Pembahasan: Jika p > q, maka p + q pasti lebih kecil dari 2p karena q adalah bilangan positif.

41. Jika p, q, dan r adalah variabel yang benar, maka pernyataan mana yang benar?
A. p dan q dan r
B. p atau q atau r
C. p dan (q atau r)
D. (p atau q) dan r
E. Tidak ada yang benar

Jawaban: B. p atau q atau r

Pembahasan: Jika p, q, dan r semuanya benar, maka p atau q atau r juga benar.

42. Semua hewan laut adalah makhluk hidup. Beberapa makhluk hidup adalah tumbuhan. Apakah dapat disimpulkan bahwa beberapa hewan laut adalah tumbuhan?
A. Ya
B. Tidak
C. Tidak dapat disimpulkan
D. Pasti tidak
E. Pasti ya

Jawaban: B. Tidak

Pembahasan: Tidak ada hubungan langsung antara hewan laut dan tumbuhan berdasarkan informasi yang diberikan.

43. Jika 3x + 7 = 22, berapa nilai x?
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
E. 7

Jawaban: C. 5

Pembahasan: 3x + 7 = 22. Kurangi 7 dari kedua sisi: 3x = 15. Bagi dengan 3: x = 5.

44. Jika sebuah kotak berisi 10 bola, dengan 4 bola merah dan 6 bola biru, berapa banyak bola merah jika 3 bola biru diambil dari kotak?
A. 4
B. 6
C. 7
D. 10
E. 13

Jawaban: A. 4

Pembahasan: Jumlah bola merah tidak berubah. Setelah 3 bola biru diambil, masih ada 4 bola merah di kotak.

45. Jika sebuah kotak berisi 12 pensil dan 5 pensil dikeluarkan, berapa pensil yang tersisa?
A. 5
B. 7
C. 10
D. 12
E. 17

Jawaban: B. 7

Pembahasan: Jumlah pensil yang tersisa = 12 – 5 = 7.

46. Diberikan persamaan aljabar 2x − 3 = 7. Berapakah nilai x?

A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
E. 6

Jawaban: D. 5

Pembahasan: 2x − 3 = 7

Tambah 3 pada kedua sisi: 2x = 10

Bagi kedua sisi dengan 2: x = 5

47. Penyelesaian dari pertidaksamaan 3x + 4 > 10 adalah:

A. x > 2
B. x > 3
C. x < 3 

D. x ≥ 3
E. x ≤ 2

Jawaban: A. x > 2

Pembahasan:

3x + 4 > 10 Kurangi 4 pada kedua sisi: 3x > 6

Bagi kedua sisi dengan 3: x > 2

48. Jika x+y=12 dan x−y=4, berapakah nilai x dan y ?

A. x=8 , 4y=4
B. x=7 , 5y=5
C. x=6 , 6y=6
D. x=9 , 3y=3
E. x=10 , 2y=2

Jawaban: A. x = 8, y = 4

Pembahasan:

x+y=12 , x−y=4

Jumlahkan kedua persamaan:

2x=16  ⟹  x=8 Substitusi x=8x ke dalam x+y=12:

8+y=12  ⟹  y=4 

49. Diberikan persamaan 5(x−1)=2x+9. Berapakah nilai x?

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Jawaban: D.4

Pembahasan:

5(x−1)=2x+9

Distribusikan 5:

5x−5=2x+9

Kurangi 2x pada kedua sisi:

3x−5=9

Tambah 5 pada kedua sisi:

3x=14

Bagi kedua sisi dengan 3:

x=143≈4.67

50. Sistem persamaan berikut ini:

2x+3y=10 , 4x−y=5​

Berapa nilai x dan y?

A. x=2, y=4
B. x=3, y=2
C. x=1, y=6
D. x=4, y=1
E. x=5, y=0

Jawaban: B. x = 3, y = 2.

Pembahasan: Kalikan persamaan kedua dengan 3:

12x−3y=15

Jumlahkan dengan persamaan pertama:

2x+3y+12x−3y = 10+15  ⟹  14x = 25  ⟹  x = 25/14

51. Jika 2x+3/5 = 4, maka x adalah:

A. 8.5

B. 12.5

C. 15.5

D. 10.5

E. 2.5

Jawaban: A. 8.5

Pembahasan:

2x+3/5 = 4

Kalikan kedua sisi dengan 5:

2x+3=20

Kurangi 3 pada kedua sisi:

2x=17

Bagi kedua sisi dengan 2:

x=8.5

52. Diberikan sistem persamaan berikut: x+2y=5 3x−y=7 Apa nilai x dan y?

A. x=2, y=1.5

B. x=1, y=2

C. x=3, y=1

D. x=4, y=0.5

E. x=5, y=0

Jawaban: C. x = 3, y = 1.

Pembahasan: Kalikan persamaan pertama dengan 3: 3x+6y=15

Kurangi persamaan kedua: 3x+6y−(3x−y)=15−7  ⟹  7y=8  ⟹  y=8/7

Substitusi nilai y ke dalam persamaan pertama:

x+2×8/7 = 5  ⟹  x= 35/7 − 16/7  ⟹  x = 19/7≈2.71

53.Diberikan pertidaksamaan 4x−1/2 ≤ 3, maka nilai x adalah:

A. x ≤ 3

B. x ≥ 4

C. x ≤ 5

D. x ≥ 2

E. x ≤ 2

Jawaban: E. x ≤ 2

Pembahasan:4x−1/2 ≤ 3

Kalikan kedua sisi dengan 2: 4x−1 ≤ 6

Tambah 1 pada kedua sisi: 4x ≤ 7

Bagi kedua sisi dengan 4: x ≤ 7/4 ≈1.75

54. Jika 7x−2 = 4x+5, maka nilai x adalah:

A. 3

B. 4

C. 5

D. 6

E. 7

Jawaban: A. 3

Pembahasan: 7x−2 = 4x+5

Kurangi 4x pada kedua sisi: 3x−2=5

Tambah 2 pada kedua sisi: 3x=7

Bagi kedua sisi dengan 3: x=73≈2.33

55.

Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah…

Jawaban: C.

Pembahasan: Perhatikan baris alas dari tiap-tiap gambar soal, ternyata ada hubungan gambar satu dengan gambar yang lain, yaitu pencerminannya. Jika diperhatikan hanya pilihan jawaban C yang cocok dalam pencerminan kotak terakhir.

56.

Gambar yang cocok untuk selanjutnya adalah…

Jawaban: D.

Pembahasan: Perhatikan 4 buah gambar kecil yang ada di kotak besar pertama, di kotak besar kedua ternyata salah satu gambar kecil membelah menjadi 2 bagian. Begitu pula untuk kotak besar ketiga satu gambar kecil membelah lagi menjadi 2 bagian juga. Begitu seterusnya, hingga sampai ke kotak kelima.

57. Tentukan hubungan yang sesuai antara gambar 3 dan 4 dengan memilih gambar yang sesuai.

Jawaban: C.

Pembahasan: Kecuali titik-titiknya, bagian gambar yang tersisa berotasi 180 derajat dan berpindah ke sisi perbatasan kotak yang berlawanan.

58.

Jawaban: E.

Pembahasan: Semua elemen di balik secara lateral, sementara elemen paling atas dan paling bawah bertukar posisi.

59. Carilah gambar yang berbeda.

Jawaban: B.

Pembahasan: Pada pilihan A, C, D, E ujung segitiga beririsan dengan segi empat, sedangkan pada pilihan B yang beririsan dengan segi empat adalah bagian tengah segitiga.

60. Carilah gambar yang tepat untuk mengisi tanda tanya

Jawaban: E.

Pembahasan: Gambar atas diputar 90 derajat berlawanan jarum jam, demikian juga gambar bawah diputar 90 derajat berlawanan jarum jam.

61. Jika sistem persamaan berikut memiliki solusi x=4 dan y=2, maka persamaan yang benar adalah:

A. x+y=6 dan 2x−y=8

B. x+y=5 dan 3x+y=10

C. x−y=2 dan 4x+y=12

D. x+2y=8 dan 3x−y=10

E. x+y=7 dan 5x−y=16

Jawaban: A. x + y = 6 dan 2x – y = 8.

Pembahasan: Substitusi x=4 dan y=2 ke dalam setiap pasangan persamaan:

A: 4+2 = 6 dan 2×4−2 = 8 (Benar)

B: 4+2 = 6 dan 3×4+2 = 14 (Salah)

C: 4−2 = 2 dan 4×4+2 = 18 (Salah)

D: 4+2×2 = 8 dan 3×4−2 = 10 (Benar)

E: 4+2 = 6 dan 5×4−2 = 18 (Salah)

62. Sebuah segitiga memiliki panjang alas 12 cm dan tinggi 8 cm. Berapakah luas segitiga tersebut?

A. 48 cm²
B. 60 cm²
C. 64 cm²
D. 72 cm²
E. 80 cm²

Jawaban: A. 48 cm²

Pembahasan: Luas segitiga dapat dihitung dengan rumus: Luas = ½ × alas × tinggi

Dengan memasukkan nilai yang diberikan: Luas = ½ × 12 cm × 8 cm = ½ × 96 cm2 = 48 cm2 

63. Sebuah kubus memiliki panjang sisi 5 cm. Berapakah volume kubus tersebut?

A. 125 cm³
B. 150 cm³
C. 175 cm³
D. 200 cm³
E. 225 cm³

Jawaban: A. 125 cm³

Pembahasan: Volume kubus dihitung dengan rumus: Volume = sisi x sisi x sisi atau sisi³

Dengan memasukkan nilai yang diberikan: Volume = 5³ = 125 cm³

64. Jika sebuah meja memiliki panjang 1,2 meter dan lebar 0,8 meter, berapakah keliling meja tersebut?

A. 2 meter
B. 2,4 meter
C. 3 meter
D. 3,2 meter
E. 4 meter

Jawaban: E. 4 meter

Pembahasan: Keliling meja dapat dihitung dengan rumus: Keliling = 2 × (panjang+lebar)

Dengan memasukkan nilai yang diberikan: Keliling = 2 × (1,2 m+0,8 m)  = 2 × 2 m= 4 m

65.  Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 7 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut? (Gunakan π = 3,14)

A. 153,86 cm²

B. 154 cm²

C. 154,98 cm²

D. 155 cm²

E. 156 cm²

Jawaban: A. 153,86 cm²

Pembahasan: Luas lingkaran dihitung dengan rumus: Luas = π × jari-jari²

Dengan memasukkan nilai yang diberikan: Luas =  3,14 × 7² = 3,14 × 49 = 153,86 cm²

66. Sebuah silinder memiliki tinggi 10 cm dan jari-jari alas 4 cm. Berapakah volume silinder tersebut? (Gunakan π = 3,14)

A. 502,4 cm³
B. 503 cm³
C. 505 cm³
D. 507 cm³
E. 510 cm³

Jawaban: A. 502,4 cm³

Pembahasan: Volume silinder dihitung dengan rumus: Volume = π × jari-jari² × tinggi

Dengan memasukkan nilai yang diberikan: Volume = 3,14 × 4² × 10 = 3,14 × 16 × 10 = 3,14 × 160 = 502,4 cm³

67. Jika p adalah bilangan genap dan q adalah bilangan ganjil, apa yang bisa disimpulkan tentang p + q?
A. p + q pasti genap
B. p + q pasti ganjil
C. p + q bisa genap atau ganjil
D. p + q pasti positif
E. p + q pasti negatif

Jawaban: B. p + q pasti ganjil

Pembahasan: Bilangan genap ditambah bilangan ganjil selalu menghasilkan bilangan ganjil.

68. Jika pernyataan berikut benar: “Jika seseorang berlari, maka dia berkeringat.” Dan “Dia tidak berkeringat,” maka apa kesimpulannya?
A. Dia tidak berlari
B. Dia berlari
C. Dia bisa berlari atau tidak
D. Dia pasti tidak berlari
E. Tidak dapat disimpulkan

Jawaban: A. Dia tidak berlari

Pembahasan: Jika seseorang berlari, maka dia berkeringat. Karena dia tidak berkeringat, maka dia tidak mungkin berlari.

69. Semua burung bisa terbang. Beberapa burung adalah penguin. Apakah dapat disimpulkan bahwa beberapa penguin bisa terbang?
A. Ya
B. Tidak
C. Tidak dapat disimpulkan
D. Pasti tidak
E. Pasti ya

Jawaban: B. Tidak

Pembahasan: Penguin adalah jenis burung yang tidak bisa terbang, meskipun semua burung lainnya bisa terbang.

70. Jika 5x – 2 = 13, berapa nilai x?
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
E. 6

Jawaban: B. 3

Pembahasan: 5x – 2 = 13. Tambahkan 2 ke kedua sisi: 5x = 15. Bagi dengan 5: x = 3.

71. Seorang petani memiliki 30 jeruk. Jika ia menjual 25% dari jeruknya, berapa banyak jeruk yang tersisa?
A. 5
B. 7,5
C. 15
D. 22,5
E. 25

Jawaban: D. 22,5

Pembahasan: 25% dari 30 jeruk adalah 7,5 jeruk. Sisa jeruk adalah 30 – 7,5 = 22,5.

72. Pernyataan: “Semua guru adalah pendidik.” Jika Maria adalah guru, maka:
A. Maria adalah pendidik
B. Maria bukan pendidik
C. Tidak dapat disimpulkan
D. Maria adalah siswa
E. Maria bukan guru

Jawaban: A. Maria adalah pendidik

Pembahasan: Jika semua guru adalah pendidik dan Maria adalah guru, maka Maria haruslah seorang pendidik.

73. Jika ada 5 kotak, dan setiap kotak berisi 8 bola, berapa total bola dalam semua kotak?
A. 30
B. 40
C. 50
D. 60
E. 80

Jawaban: B. 40

Pembahasan: Total bola = 5 kotak × 8 bola/kotak = 40 bola.

74. Jika a = 2 dan b = 4, berapa nilai dari a² + b²?
A. 10
B. 12
C. 16
D. 20
E. 24

Jawaban: D. 20

Pembahasan: a² = 2² = 4 dan b² = 4² = 16. Jadi, a² + b² = 4 + 16 = 20.

75. Jika “Jika dia pergi ke sekolah, maka dia akan belajar” dan “Dia tidak belajar,” maka kesimpulannya adalah
A. Dia tidak pergi ke sekolah
B. Dia pergi ke sekolah
C. Dia akan pergi ke sekolah
D. Dia pasti belajar
E. Tidak dapat disimpulkan

Jawaban: A. Dia tidak pergi ke sekolah

Pembahasan: Jika dia tidak belajar, maka sesuai dengan pernyataan awal, dia tidak pergi ke sekolah.

76. Semua anjing adalah mamalia. Beberapa mamalia adalah hewan peliharaan. Apakah dapat disimpulkan bahwa beberapa anjing adalah hewan peliharaan?
A. Ya
B. Tidak
C. Tidak dapat disimpulkan
D. Pasti tidak
E. Pasti ya

Jawaban: C. Tidak dapat disimpulkan

Pembahasan: Tidak semua mamalia adalah hewan peliharaan. Karena kita tidak tahu apakah anjing termasuk dalam kategori hewan peliharaan, tidak dapat disimpulkan secara langsung.

77. Jika 4y + 5 = 21, berapa nilai y?
A. 3
B. 4
C. 5
D. 6
E. 7

Jawaban: B. 4

Pembahasan: 4y + 5 = 21. Kurangi 5 dari kedua sisi: 4y = 16. Bagi dengan 4: y = 4.

78. Jika harga satu buah apel adalah 10.000 IDR dan seorang pembeli membeli 6 apel, berapa total harga yang harus dibayar?
A. 50.000 IDR
B. 55.000 IDR
C. 60.000 IDR
D. 65.000 IDR
E. 70.000 IDR

Jawaban: C. 60.000 IDR

Pembahasan: Total harga = 10.000 IDR × 6 apel = 60.000 IDR.

79. Jika semua siswa di kelas A adalah siswa di sekolah B, dan beberapa siswa di sekolah B adalah atlet, maka dapatkah disimpulkan bahwa beberapa siswa di kelas A adalah atlet?
A. Ya
B. Tidak
C. Tidak dapat disimpulkan
D. Pasti tidak
E. Pasti ya

Jawaban: C. Tidak dapat disimpulkan

Pembahasan: Karena beberapa siswa di sekolah B adalah atlet, kita tidak dapat langsung menyimpulkan bahwa beberapa siswa di kelas A adalah atlet tanpa informasi tambahan.

80. Jika dalam sebuah kantong terdapat 20 kelereng, dan 7 kelereng merah, berapa jumlah kelereng yang bukan merah?
A. 7
B. 10
C. 13
D. 15
E. 20

Jawaban: C. 13

Pembahasan: Jumlah kelereng bukan merah = 20 – 7 = 13.

81. Jika n adalah bilangan ganjil dan m adalah bilangan genap, apa yang bisa disimpulkan tentang n × m?
A. n × m pasti ganjil
B. n × m pasti genap
C. n × m bisa ganjil atau genap
D. n × m pasti positif
E. n × m pasti negatif

Jawaban: B. n × m pasti genap

Pembahasan: Bilangan ganjil dikali bilangan genap selalu menghasilkan bilangan genap.

82. Jika “Jika lampu menyala, maka ruangannya terang” dan “Ruangannya terang,” maka:
A. Lampu pasti menyala
B. Lampu tidak menyala
C. Lampu bisa menyala atau tidak
D. Tidak dapat disimpulkan
E. Lampu pasti mati

Jawaban: D. Tidak dapat disimpulkan

Pembahasan: Jika ruangannya terang, tidak dapat disimpulkan secara pasti apakah lampu menyala, karena ada kemungkinan sumber cahaya lain.

83. Semua buah apel adalah buah. Beberapa buah adalah buah beri. Apakah dapat disimpulkan bahwa beberapa buah apel adalah buah beri?
A. Ya
B. Tidak
C. Tidak dapat disimpulkan
D. Pasti tidak
E. Pasti ya

Jawaban: B. Tidak

Pembahasan: Tidak ada hubungan langsung antara buah apel dan buah beri berdasarkan informasi yang diberikan.

84. Jika 6x – 3 = 15, berapa nilai x?
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
E. 6

Jawaban: B. 3

Pembahasan: 6x – 3 = 15. Tambahkan 3 ke kedua sisi: 6x = 18. Bagi dengan 6: x = 3.

85. Seorang pengrajin memiliki 80 kunci dan dia menjual 30 kunci. Berapa kunci yang tersisa?
A. 30
B. 40
C. 50
D. 60
E. 70

Jawaban: C. 50

Pembahasan: Jumlah kunci yang tersisa = 80 – 30 = 50.

86. Jika sebuah kotak berisi 15 barang dan 5 barang dikeluarkan, berapa banyak barang yang tersisa dalam kotak?
A. 10
B. 15
C. 20
D. 25
E. 30

Jawaban: A. 10

Pembahasan: Jumlah barang yang tersisa = 15 – 5 = 10.

87. Kata “indah” memiliki sinonim yang paling tepat dari pilihan berikut:

A. Cantik
B. Buruk
C. Kotor
D. Datar
E. Gelap

Jawaban: A. Cantik

Pembahasan: Sinonim dari “indah” adalah kata yang memiliki makna serupa, yaitu “cantik”.

88. Antonim dari kata “berani” adalah:

A. Tegar
B. Tegas
C. Penakut
D. Kuat
E. Bijak

Jawaban: C. Penakut

Pembahasan: Antonim dari “berani” adalah “penakut”, yang memiliki makna berlawanan.

89. “Buku” berhubungan dengan “rak” seperti halnya “kunci” berhubungan dengan:

A. Kunci
B. Gembok
C. Koper
D. Ruang
E. Pintu

Jawaban: E. Pintu

Pembahasan: Buku disimpan di rak, sedangkan kunci digunakan untuk membuka pintu.

90. Bacalah teks berikut:

“Pendidikan adalah fondasi penting dalam kehidupan. Dengan pendidikan, seseorang dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang berguna untuk masa depan.”

Apa yang dimaksud dengan teks di atas?

A. Pendidikan hanya penting untuk anak-anak.
B. Pendidikan adalah dasar yang penting untuk perkembangan pribadi.
C. Pendidikan tidak mempengaruhi masa depan seseorang.
D. Pendidikan hanya mempengaruhi pekerjaan.
E. Pendidikan tidak penting bagi kehidupan sosial.

Jawaban: B. Pendidikan adalah dasar yang penting untuk perkembangan pribadi.

Pembahasan: Teks menjelaskan pentingnya pendidikan sebagai fondasi untuk kehidupan.

91. Sinonim dari “cepat” adalah:

A. Lambat
B. Gesit
C. Sedang
D. Ragu
E. Cerdas

Jawaban: B. Gesit

Pembahasan: “Gesit” memiliki makna yang mirip dengan “cepat”.

92. Antonim dari “ramah” adalah:

A. Akrab
B. Hangat
C. Sopan
D. Kasar
E. Terbuka

Jawaban: D. Kasar

Pembahasan: “Kasar” adalah antonim dari “ramah”.

93. “Pesawat” berhubungan dengan “bandara” seperti halnya “mobil” berhubungan dengan:

A. Jalan
B. Garasi
C. Roda
D. Pengemudi
E. Bensin

Jawaban: B. Garasi

Pembahasan: Pesawat berada di bandara, sedangkan mobil berada di garasi.

94. Bacalah teks berikut:

“Olahraga secara rutin dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran. Ini membantu mengurangi stres dan meningkatkan energi.”

Apa manfaat utama olahraga menurut teks tersebut?

A. Meningkatkan keterampilan sosial.
B. Mengurangi stres dan meningkatkan energi.
C. Menambah waktu tidur.
D. Mengurangi beban pekerjaan.
E. Menambah berat badan.

Jawaban: B. Mengurangi stres dan meningkatkan energi.

Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa olahraga bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan energi.

95. Sinonim dari “menarik” adalah:

A. Menjemukan
B. Membosankan
C. Menyenangkan
D. Merugikan
E. Mengganggu

Jawaban: C. Menyenangkan

Pembahasan: “Menyenangkan” adalah kata yang memiliki makna serupa dengan “menarik”.

96. Antonim dari “terang” adalah:

A. Bersinar
B. Gelap
C. Cemerlang
D. Rona
E. Terbuka

Jawaban: B. Gelap

Pembahasan: “Gelap” adalah antonim dari “terang”.

97. “Pencil” berhubungan dengan “write” seperti halnya “brush” berhubungan dengan:

A. Paint
B. Clean
C. Draw
D. Carve
E. Cut

Jawaban: A. Paint

Pembahasan: Pencil digunakan untuk menulis, sedangkan brush digunakan untuk melukis.

98. Bacalah teks berikut:

“Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Dengan menjaga kebersihan, kita dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.”

Apa yang ditekankan dalam teks tersebut?

A. Kebersihan hanya tanggung jawab pemerintah.
B. Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama untuk menciptakan lingkungan yang sehat.
C. Kebersihan tidak penting bagi lingkungan.
D. Kebersihan hanya perlu perhatian di kota besar.
E. Kebersihan hanya berdampak pada kesehatan individu.

Jawaban: B. Kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab bersama untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Pembahasan: Teks menekankan bahwa kebersihan adalah tanggung jawab bersama untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

99. Kata “bijaksana” memiliki sinonim yang paling tepat dari pilihan berikut:

A. Arif

B. Cerdas

C. Kuat

D. Keras

E. Santai

Jawaban: A. Arif

Pembahasan: Sinonim dari kata “bijaksana” adalah “arif.” Kedua kata tersebut mengacu pada seseorang yang memiliki kebijaksanaan atau kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat dan bijak. Pilihan lain tidak memiliki makna yang sama.

100. Hubungan antara “mobil” dan “jalan” adalah seperti hubungan antara “buku” dan:

A. Meja

B. Kertas

C. Perpustakaan

D. Pen

E. Tulisan

Jawaban: C. Perpustakaan

Pembahasan: Hubungan antara “mobil” dan “jalan” adalah bahwa mobil menggunakan jalan untuk bergerak. Demikian pula, buku digunakan dalam perpustakaan. Jadi, hubungan yang serupa adalah “buku” dan “perpustakaan,” tempat di mana buku disimpan dan digunakan.

Anda kini telah memiliki panduan lengkap tentang TIU CPNS (Tes Intelegensi Umum), termasuk penjelasan mendalam mengenai apa itu TIU CPNS, kisi-kisi terbaru untuk tahun 2024-2025, serta contoh soal beserta pembahasannya.

Dengan informasi yang kami sajikan, diharapkan Anda lebih siap menghadapi ujian dan memaksimalkan potensi Anda untuk meraih kesuksesan. Jangan lupa untuk terus berlatih dan memperdalam pemahaman Anda agar bisa menghadapi soal TIU CPNS dengan percaya diri dan kemampuan terbaik. 

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo!
Silahkan Hubungi Kami Jika Ada Pertanyaan...