Formasi Jabatan Guru IPA Ahli Pertama dan Guru IPS Ahli Pertama bertujuan untuk mencetak pendidik yang kompeten dalam mengajarkan ilmu pengetahuan alam (IPA) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS) di tingkat pendidikan dasar atau menengah. Guru IPA Ahli Pertama bertanggung jawab dalam menyampaikan konsep dasar sains seperti biologi, fisika, dan kimia, serta metode ilmiah yang menumbuhkan pemikiran kritis dan rasa ingin tahu siswa terhadap alam dan teknologi. Sementara itu, Guru IPS Ahli Pertama fokus pada pemahaman siswa terhadap ilmu sosial, meliputi sejarah, geografi, sosiologi, dan ekonomi, yang mendorong siswa untuk lebih memahami masyarakat, budaya, dan dinamika sosial.
Kedua formasi ini membutuhkan penguasaan materi akademis yang solid, kemampuan merancang pembelajaran yang menarik, serta keterampilan komunikasi untuk menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai usia siswa. Guru IPA dan IPS juga perlu mengikuti perkembangan teknologi pendidikan untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif dan relevan dengan kebutuhan siswa.
Table of Contents
ToggleKisi-Kisi Soal CPNS PPPK Guru IPA & IPS Ahli Pertama Sesuai KemenpanRB
Seleksi CPNS PPPK Guru IPA & IPS Ahli Pertama mencakup pengetahuan dan keterampilan pengajaran yang relevan dengan perkembangan pendidikan saat ini. Kisi-kisi berikut akan membantu Anda mempersiapkan diri dengan materi yang mencakup dasar-dasar IPA dan IPS, teknik pembelajaran interaktif, serta evaluasi siswa yang efektif.
Kisi-Kisi Guru IPA Ahli Pertama
Sebagai Guru IPA Ahli Pertama, pemahaman mendalam tentang konsep-konsep sains, metode ilmiah, dan teknik pembelajaran yang inovatif sangat penting untuk mendukung proses belajar siswa.
- Konsep Dasar IPA (Biologi, Fisika, Kimia)
Memahami konsep dasar di bidang sains seperti biologi (sel, ekosistem, genetik), fisika (energi, gaya, gerak), dan kimia (materi, reaksi, ikatan kimia) yang diajarkan di tingkat dasar dan menengah. - Metode Ilmiah dan Eksperimen
Mampu menjelaskan dan menerapkan metode ilmiah, seperti langkah-langkah observasi, hipotesis, eksperimen, analisis data, dan kesimpulan. Termasuk pula kemampuan mendesain eksperimen sederhana yang sesuai dengan usia siswa. - Pembelajaran IPA yang Inovatif dan Interaktif
Menguasai teknik mengajar yang menarik dan interaktif, seperti pembelajaran berbasis proyek (PjBL), STEM (Science, Technology, Engineering, and Math), dan penggunaan alat peraga atau eksperimen sederhana di kelas. - Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran IPA
Memanfaatkan teknologi untuk mendukung pembelajaran IPA, seperti penggunaan simulasi, video pembelajaran, aplikasi sains, dan media digital yang dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar sains. - Evaluasi Pembelajaran IPA
Mampu merancang dan mengimplementasikan evaluasi pembelajaran yang mencakup penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penilaian ini membantu menilai pemahaman dan keterampilan siswa dalam ilmu sains.
Kisi-Kisi Guru IPS Ahli Pertama
Sebagai Guru IPS Ahli Pertama, penguasaan konsep ilmu sosial dan kemampuan mengaitkan materi dengan konteks sosial sangatlah penting
- Konsep Dasar IPS (Geografi, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi)
Menguasai dasar-dasar ilmu sosial seperti geografi (peta, fenomena bumi), sejarah (peristiwa penting, tokoh nasional), ekonomi (kebutuhan, produksi), dan sosiologi (interaksi sosial, kebudayaan). - Pendidikan Kewarganegaraan dan Karakter
Menanamkan nilai-nilai karakter dan wawasan kebangsaan melalui pembelajaran IPS, yang mencakup pemahaman tentang hak dan kewajiban, demokrasi, toleransi, dan cinta tanah air. - Pembelajaran IPS Berbasis Lingkungan dan Konteks Sosial
Mampu mengaitkan materi IPS dengan konteks sosial dan lingkungan sekitar siswa, sehingga mereka lebih mudah memahami materi dan relevansi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. - Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran IPS
Memanfaatkan berbagai teknologi untuk membuat pembelajaran IPS lebih menarik, seperti penggunaan peta digital, data statistik interaktif, video sejarah, dan sumber daya online. - Evaluasi Pembelajaran IPS
Mampu merancang penilaian yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan sosial untuk menilai pemahaman siswa tentang konsep-konsep sosial serta sikap siswa terhadap nilai-nilai sosial yang diajarkan.
Contoh Soal PPPK CPNS Guru IPA & IPS
Sebagai seorang Guru IPA atau IPS, menguasai materi dengan baik adalah kunci keberhasilan Anda dalam seleksi PPPK CPNS. Berikut adalah beberapa contoh soal yang dapat membantu Anda melatih kemampuan dalam menyelesaikan soal berbasis cerita dan penerapan praktis ilmu IPA dan IPS.
1. Dalam percobaan sederhana untuk mengamati fotosintesis, seorang guru meminta siswa menggunakan daun bayam dan larutan yodium. Fungsi dari larutan yodium dalam percobaan ini adalah…
A. Menyerap cahaya matahari yang diperlukan untuk fotosintesis
B. Mengidentifikasi adanya amilum dalam daun sebagai hasil fotosintesis
C. Mempercepat laju fotosintesis pada daun
D. Menghilangkan klorofil dari daun sebelum percobaan
E. Mengukur kadar oksigen yang dilepaskan selama fotosintesis
Pembahasan: Jawaban B benar, karena larutan yodium digunakan untuk mendeteksi adanya amilum, yang terbentuk sebagai produk fotosintesis.
2. Ketika mengajarkan konsep energi kinetik, seorang guru IPA mengajak siswa melakukan percobaan menjatuhkan bola dari ketinggian berbeda. Energi kinetik bola saat mencapai tanah paling besar ketika…
A. Dilepaskan dari ketinggian rendah dengan kecepatan sedang
B. Dijatuhkan dari ketinggian yang lebih tinggi
C. Dilempar dengan kecepatan awal ke atas
D. Dijatuhkan pada permukaan yang lembut
E. Ditembakkan dengan sudut kemiringan tertentu
Pembahasan: Jawaban B benar, karena semakin tinggi posisi bola sebelum jatuh, semakin besar energi potensial yang diubah menjadi energi kinetik saat bola mencapai tanah.
3. Dalam eksperimen reaksi kimia, siswa mengamati perubahan warna pada campuran zat. Perubahan warna tersebut menunjukkan…
A. Tidak terjadi reaksi kimia pada campuran
B. Terjadi reaksi kimia yang menghasilkan produk baru
C. Perubahan hanya terjadi pada suhu campuran
D. Terjadi pemisahan komponen campuran
E. Campuran bersifat basa dan tidak bereaksi
Pembahasan: Jawaban B benar, karena perubahan warna merupakan salah satu tanda bahwa reaksi kimia telah terjadi dan produk baru terbentuk.
4. Dalam memahami konsep peta topografi, seorang guru IPS mengajak siswa untuk menganalisis peta dengan garis kontur rapat. Hal ini menunjukkan bahwa area tersebut…
A. Berada di dataran rendah
B. Memiliki curah hujan yang tinggi
C. Mempunyai kemiringan yang curam
D. Mengalami sedimentasi tinggi
E. Berada di area datar tanpa kemiringan
Pembahasan: Jawaban C benar, karena garis kontur yang rapat menunjukkan perubahan elevasi yang tajam, menandakan kemiringan yang curam.
5. Ketika mengajarkan materi tentang sejarah kemerdekaan Indonesia, seorang guru IPS menekankan pentingnya peran diplomasi setelah proklamasi kemerdekaan. Salah satu momen diplomasi penting terjadi di…
A. Perundingan Roem-Royen
B. Perundingan Linggarjati
C. Perjanjian Tuntang
D. Pertempuran Surabaya
E. Kongres Pemuda I
Pembahasan: Jawaban A benar, karena Perundingan Roem-Royen merupakan salah satu perundingan penting yang terjadi pasca proklamasi kemerdekaan.
6. Dalam pelajaran ekonomi, seorang siswa bertanya tentang pengaruh kenaikan harga BBM terhadap daya beli masyarakat. Jawaban yang tepat adalah…
A. Daya beli meningkat karena harga barang semakin terjangkau
B. Daya beli tetap karena BBM tidak memengaruhi harga lain
C. Daya beli cenderung menurun karena biaya hidup meningkat
D. Daya beli meningkat drastis karena kebutuhan BBM berkurang
E. Daya beli tidak terpengaruh karena hanya sektor transportasi yang berubah
Pembahasan: Jawaban C benar, karena kenaikan harga BBM biasanya akan meningkatkan biaya produksi barang dan jasa, yang pada akhirnya menurunkan daya beli masyarakat.
7. Seorang guru IPA mengajak siswa untuk membuat larutan asam dan basa dengan indikator kertas lakmus. Saat larutan asam diuji, kertas lakmus biru akan berubah menjadi…
A. Tetap biru
B. Berubah menjadi merah
C. Tetap berwarna merah muda
D. Berubah menjadi hijau
E. Tidak mengalami perubahan warna
Pembahasan: Jawaban B benar, karena kertas lakmus biru akan berubah menjadi merah saat kontak dengan larutan asam.
8. Guru IPS menjelaskan tentang interaksi manusia dengan lingkungan. Contoh aktivitas manusia yang dapat menyebabkan erosi tanah adalah…
A. Penghijauan lahan
B. Penanaman pohon secara berkala
C. Penebangan pohon tanpa reboisasi
D. Penutupan lahan dengan tumbuhan penutup
E. Pengaturan terasering di daerah perbukitan
Pembahasan: Jawaban C benar, karena penebangan pohon tanpa reboisasi dapat mengakibatkan erosi tanah akibat hilangnya vegetasi yang menjaga tanah tetap stabil.
9. Dalam pelajaran fisika, siswa melakukan percobaan pegas untuk memahami hukum Hooke. Jika sebuah beban menggantung pada pegas dan menyebabkan pegas memanjang, hal ini menunjukkan bahwa…
A. Gaya yang diberikan terlalu besar
B. Pegas memiliki tegangan yang lebih kecil
C. Pegas memenuhi hukum Hooke selama elastis
D. Beban tidak memengaruhi panjang pegas
E. Pegas tidak akan kembali ke panjang semula
Pembahasan: Jawaban C benar, karena selama pegas masih berada dalam batas elastisitas, panjangnya akan sesuai dengan hukum Hooke, di mana gaya berbanding lurus dengan pertambahan panjang.
10. Ketika membahas perdagangan internasional, guru IPS menjelaskan bahwa salah satu keuntungan utama perdagangan internasional adalah…
A. Terjadinya inflasi di negara pengimpor
B. Meningkatnya bea cukai untuk barang lokal
C. Adanya spesialisasi produk yang meningkatkan efisiensi
D. Penurunan nilai tukar mata uang secara drastis
E. Meningkatkan ketergantungan negara pada impor
Pembahasan: Jawaban C benar, karena perdagangan internasional memungkinkan adanya spesialisasi, yang meningkatkan efisiensi dan memperluas pasar.
11. Dalam eksperimen menggunakan cermin cekung, seorang siswa menemukan bahwa ketika objek ditempatkan di luar titik fokus, bayangan yang dihasilkan akan…
A. Maya dan tegak
B. Nyata dan terbalik
C. Maya dan terbalik
D. Nyata dan tegak
E. Tidak terbentuk bayangan
Pembahasan: Jawaban B benar, karena cermin cekung menghasilkan bayangan nyata dan terbalik jika objek berada di luar titik fokus.
12. Seorang guru IPS sedang mengajarkan konsep interaksi sosial. Contoh interaksi yang bersifat disosiatif adalah…
A. Gotong royong
B. Perdebatan
C. Kerja sama
D. Diskusi kelompok
E. Pertemuan kelas
Pembahasan: Jawaban B benar, karena perdebatan adalah bentuk interaksi disosiatif yang sering menimbulkan konflik.
13. Dalam pelajaran biologi, seorang siswa ingin mengetahui proses yang terjadi pada tanaman saat malam hari. Pada saat malam, proses yang dominan adalah…
A. Fotosintesis
B. Respirasi
C. Transpirasi
D. Penciptaan oksigen
E. Penguraian klorofil
Pembahasan: Jawaban B benar, karena saat malam hari, tumbuhan tidak melakukan fotosintesis, tetapi tetap melakukan respirasi.
14. Guru IPS menjelaskan peran Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam pelestarian lingkungan. Salah satu kontribusi LSM adalah…
A. Meningkatkan produksi komoditas ekspor
B. Memberikan donasi tunai ke seluruh penduduk
C. Mengedukasi masyarakat tentang pelestarian alam
D. Mengontrol semua industri lokal secara langsung
E. Menetapkan hukum baru yang mengatur lingkungan
Pembahasan: Jawaban C benar, karena LSM umumnya berfokus pada edukasi dan pelatihan tentang pelestarian alam.
15. Dalam percobaan gerak benda, seorang guru IPA menugaskan siswa untuk melepaskan dua benda dari ketinggian yang sama. Tanpa hambatan udara, kedua benda tersebut akan…
A. Jatuh dengan kecepatan berbeda
B. Jatuh bersamaan pada waktu yang sama
C. Berhenti di udara sebelum mencapai tanah
D. Jatuh dengan percepatan yang berbeda
E. Melambung kembali sebelum menyentuh tanah
Pembahasan: Jawaban B benar, karena dengan asumsi tidak ada hambatan udara, kedua benda jatuh pada waktu yang sama sesuai hukum gravitasi.
Raih Impian Anda Menjadi Guru IPA atau IPS Ahli Pertama!
Dapatkan latihan soal dan pembahasan lengkap di Fungsional.id untuk persiapan ujian PPPK CPNS. Dari metode ilmiah hingga analisis sosial, soal-soal kami dirancang untuk membantu Anda lulus seleksi dengan percaya diri. Ayo mulai latihan sekarang!