130+ Soal Penyuluh Bahasa untuk CPNS PPPK + Kisi-Kisi dan Pembahasan Soal

penyuluh bahasa

Penyuluh Bahasa adalah posisi strategis yang berperan penting dalam melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan penggunaan bahasa yang benar di masyarakat. Tugas utama mereka mencakup memberikan edukasi tentang kaidah bahasa, mengadakan pelatihan, serta mensosialisasikan program kebahasaan kepada berbagai kalangan. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab dalam menyusun program pelestarian bahasa daerah yang terancam punah, bekerja sama dengan instansi pemerintah, lembaga pendidikan, dan komunitas bahasa. Penyuluh Bahasa memiliki pemahaman mendalam tentang tata bahasa, serta peran penting bahasa dalam menjaga identitas budaya.

Dalam menjalankan tugasnya, Penyuluh Bahasa sering terlibat dalam penyusunan kebijakan kebahasaan dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan bahasa tetap relevan dan tidak kehilangan nilai-nilai budayanya. Dengan keterampilan komunikasi yang kuat dan pemahaman linguistik yang mendalam, mereka mampu mendidik, membimbing, serta mengatasi masalah kebahasaan di masyarakat. Posisi ini menuntut keahlian analitis dan kemampuan manajerial dalam mengelola program kebahasaan, sekaligus memainkan peran penting dalam menjaga keberlanjutan bahasa sebagai bagian dari warisan budaya bangsa.

Kisi-Kisi Soal Penyuluh Bahasa

Dengan memahami kisi-kisi ini, Anda dapat lebih fokus mempersiapkan diri, terutama terkait tugas dan peran penyuluh bahasa dalam penggunaan dan pelestarian bahasa Indonesia serta bahasa daerah.

Undang-Undang No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan: Mengatur kewajiban penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar serta peran penyuluh dalam pelestarian dan pembinaan bahasa.

Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2014 tentang Pengembangan, Pembinaan, dan Pelindungan Bahasa dan Sastra: Menyediakan kerangka regulasi untuk pengembangan dan pembinaan bahasa daerah serta Bahasa Indonesia.

Pembinaan Penggunaan Bahasa Indonesia: Mendorong penerapan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di lingkungan pemerintahan, pendidikan, media massa, serta masyarakat luas.

Pelestarian Bahasa Daerah: Berperan dalam pelestarian bahasa dan sastra daerah, termasuk mendokumentasikan kosakata dan tata bahasa daerah serta mendukung revitalisasi bahasa yang terancam punah.

Pengajaran dan Penyuluhan Bahasa Asing: Memberikan pelatihan dan bimbingan terkait penguasaan bahasa asing, khususnya di lingkungan pendidikan dan komunitas, sesuai dengan kebutuhan.

Teknik Penyuluhan dan Pelatihan Bahasa: Menguasai metode dan teknik penyuluhan, seperti ceramah, lokakarya, dan kursus, untuk meningkatkan keterampilan berbahasa target audiens.

Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa: Mampu menyusun dan mengembangkan materi ajar bahasa, baik cetak maupun digital, untuk berbagai jenjang pendidikan dan komunitas.

Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa: Menggunakan aplikasi dan platform digital, seperti e-learning dan video tutorial, untuk mendukung proses pembelajaran dan penyuluhan bahasa.

Contoh Soal Penyuluh Bahasa CPNS & PPPK

Soal-soal ini dirancang untuk menguji pengetahuan dan kemampuan Anda dalam menjalankan tugas penyuluhan, khususnya dalam bidang kebahasaan.

1. Berdasarkan Undang-Undang No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan, bahasa Indonesia harus digunakan dalam forum resmi kenegaraan dan forum yang melibatkan pemerintah. Salah satu kewajiban penggunaan bahasa Indonesia diatur pada Pasal 31, yang menyebutkan bahwa Bahasa Indonesia wajib digunakan di lembaga pendidikan. Apa yang dimaksud dengan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam konteks lembaga pendidikan?

A. Penggunaan bahasa yang sesuai dengan tata krama dan budaya Indonesia
B. Penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah tata bahasa yang berlaku
C. Penggunaan bahasa yang mencerminkan sikap nasionalisme
D. Penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami
E. Penggunaan bahasa Indonesia yang konsisten dalam setiap komunikasi lisan

Jawaban: B. Penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah tata bahasa yang berlaku

Pembahasan: Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar mengacu pada penggunaan yang sesuai dengan kaidah tata bahasa yang berlaku, seperti diatur dalam Pasal 31 UU No. 24 Tahun 2009.

2. Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2014 tentang Pengembangan, Pembinaan, dan Pelindungan Bahasa dan Sastra menyatakan bahwa pengembangan bahasa daerah sangat penting untuk pelestarian budaya lokal. Seorang penyuluh bahasa di daerah terpencil bertugas melakukan pembinaan terhadap bahasa daerah setempat. Apa langkah awal yang harus dilakukan oleh penyuluh bahasa tersebut?

A. Mempromosikan bahasa daerah melalui media massa
B. Memberikan pelatihan bahasa daerah kepada masyarakat lokal
C. Menyusun kamus bahasa daerah dan mempublikasikannya
D. Mendokumentasikan kosakata dan tata bahasa daerah
E. Mengadakan seminar tentang pentingnya bahasa daerah

Jawaban: D. Mendokumentasikan kosakata dan tata bahasa daerah

Pembahasan: Langkah awal dalam pelestarian bahasa daerah adalah mendokumentasikan kosakata dan tata bahasa daerah untuk memastikan bahwa bahasa tersebut tercatat dan tidak hilang, sesuai dengan PP No. 57 Tahun 2014.

3. Undang-Undang No. 24 Tahun 2009 juga mengatur kewajiban penggunaan bahasa Indonesia di berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan dan pemerintahan. Seorang penyuluh bahasa ditugaskan untuk mengawasi penerapan bahasa Indonesia di lingkungan pemerintahan. Dalam konteks ini, manakah yang termasuk tanggung jawab penyuluh bahasa?

A. Menyusun kurikulum bahasa Indonesia untuk sekolah dasar
B. Menyusun kamus besar bahasa Indonesia
C. Mengajarkan bahasa Indonesia kepada pegawai pemerintah
D. Memantau dan memastikan dokumen resmi menggunakan bahasa Indonesia
E. Menulis artikel tentang pentingnya bahasa Indonesia dalam media massa

Jawaban: D. Memantau dan memastikan dokumen resmi menggunakan bahasa Indonesia

Pembahasan: Tugas penyuluh bahasa dalam lingkungan pemerintahan adalah memastikan bahwa penggunaan bahasa Indonesia pada dokumen resmi sesuai dengan aturan, seperti diatur dalam UU No. 24 Tahun 2009.

4. Dalam pelestarian bahasa daerah, sering kali ditemukan bahwa banyak bahasa daerah yang terancam punah akibat kurangnya penutur asli. Penyuluh bahasa bekerja sama dengan para ahli linguistik untuk melakukan revitalisasi bahasa tersebut. Teknik apa yang paling efektif dalam upaya revitalisasi bahasa daerah?

A. Menyusun materi ajar untuk sekolah formal
B. Mendorong masyarakat lokal untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
C. Mempromosikan bahasa daerah melalui platform digital
D. Mendirikan pusat studi bahasa daerah
E. Membuat program siaran radio dalam bahasa daerah

Jawaban: B. Mendorong masyarakat lokal untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari

Pembahasan: Revitalisasi bahasa daerah paling efektif dilakukan dengan mendorong masyarakat lokal untuk menggunakan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari sehingga bahasa tetap hidup dan digunakan.

5. Peran penyuluh bahasa dalam pembinaan penggunaan bahasa Indonesia di lingkungan pendidikan sangat penting. Salah satu metode yang digunakan adalah memberikan bimbingan kepada guru-guru di sekolah agar dapat mengajarkan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Teknik penyuluhan apa yang paling tepat dalam hal ini?

A. Mengadakan ceramah dan lokakarya khusus untuk guru
B. Memberikan pelatihan online melalui video tutorial
C. Mengadakan kursus intensif bahasa Indonesia untuk guru
D. Menyusun modul pembelajaran bahasa yang efektif
E. Melakukan observasi langsung di kelas

Jawaban: A. Mengadakan ceramah dan lokakarya khusus untuk guru

Pembahasan: Teknik ceramah dan lokakarya sangat efektif untuk memberikan bimbingan langsung kepada para guru, terutama dalam memahami kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

6. Salah satu tantangan dalam pelestarian bahasa daerah adalah minimnya dokumentasi yang tersedia. Seorang penyuluh bahasa ditugaskan untuk melakukan dokumentasi tata bahasa dan kosakata bahasa daerah tertentu. Apa langkah paling krusial dalam melakukan dokumentasi bahasa daerah?

A. Mewawancarai penutur asli untuk mendapatkan data
B. Menyusun kamus bahasa daerah yang lengkap
C. Menggunakan aplikasi digital untuk merekam suara penutur
D. Membuat artikel tentang bahasa daerah tersebut
E. Mengumpulkan naskah-naskah lama dalam bahasa daerah

Jawaban: A. Mewawancarai penutur asli untuk mendapatkan data

Pembahasan: Langkah paling penting dalam mendokumentasikan bahasa daerah adalah mewawancarai penutur asli untuk mendapatkan data otentik mengenai kosakata dan tata bahasa daerah tersebut.

7. Pengembangan materi pembelajaran bahasa merupakan salah satu tanggung jawab penyuluh bahasa. Dalam proses penyusunan materi ajar, aspek apa yang harus diperhatikan oleh penyuluh bahasa agar materi tersebut mudah dipahami oleh siswa?

A. Penggunaan bahasa yang rumit dan formal
B. Penggunaan istilah yang berasal dari bahasa asing
C. Penggunaan ilustrasi dan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari
D. Menyertakan teori linguistik secara mendalam
E. Menggunakan teks-teks sastra klasik sebagai referensi

Jawaban: C. Penggunaan ilustrasi dan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari

Pembahasan: Agar materi ajar mudah dipahami, penting untuk menggunakan ilustrasi dan contoh nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.

8. Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2014 mengamanatkan perlindungan terhadap bahasa daerah yang hampir punah. Seorang penyuluh bahasa ingin menggunakan teknologi digital untuk mendukung pelestarian bahasa daerah. Aplikasi apa yang paling tepat digunakan dalam konteks ini?

A. Kamus daring
B. Aplikasi pengenalan suara untuk bahasa daerah
C. Video tutorial tentang bahasa daerah
D. Platform e-learning bahasa daerah
E. Database digital untuk dokumentasi bahasa

Jawaban: E. Database digital untuk dokumentasi bahasa

Pembahasan: Teknologi yang paling efektif dalam pelestarian bahasa daerah adalah penggunaan database digital yang dapat digunakan untuk menyimpan dan mendokumentasikan kosakata serta tata bahasa dari bahasa yang hampir punah.

9. Dalam pembinaan penggunaan bahasa Indonesia di media massa, seorang penyuluh bahasa harus memberikan rekomendasi kepada lembaga penyiaran tentang penggunaan bahasa yang baik dan benar. Aspek apa yang perlu ditekankan dalam penggunaan bahasa di media massa?

A. Bahasa harus mengikuti tren yang sedang berkembang
B. Bahasa harus tetap formal meskipun dalam konten hiburan
C. Bahasa harus sesuai dengan kaidah tata bahasa dan mudah dipahami
D. Bahasa harus mencampurkan unsur bahasa daerah agar lebih menarik
E. Bahasa harus menggunakan istilah asing yang populer

Jawaban: C. Bahasa harus sesuai dengan kaidah tata bahasa dan mudah dipahami

Pembahasan: Penggunaan bahasa di media massa harus sesuai dengan kaidah tata bahasa dan mudah dipahami oleh khalayak luas, sesuai dengan prinsip pembinaan bahasa Indonesia.

10. Seorang penyuluh bahasa ingin memberikan pelatihan bahasa asing kepada para tenaga pendidik di suatu wilayah. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengajaran bahasa asing di sekolah-sekolah. Apa metode penyuluhan yang paling efektif untuk tujuan ini?

A. Memberikan buku panduan bahasa asing
B. Mengadakan lokakarya secara berkala
C. Menyediakan materi ajar dalam bentuk digital
D. Mengundang narasumber dari luar negeri
E. Mengadakan kursus bahasa asing secara intensif

Jawaban: E. Mengadakan kursus bahasa asing secara intensif

Pembahasan: Kursus bahasa asing secara intensif merupakan metode yang paling efektif untuk meningkatkan penguasaan bahasa bagi tenaga pendidik.

11. Salah satu tanggung jawab penyuluh bahasa adalah memberikan pelatihan kepada masyarakat terkait penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Di sebuah desa, penyuluh bahasa mengadakan pelatihan untuk perangkat desa agar mereka dapat menyusun laporan resmi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan aturan. Metode pelatihan apa yang paling efektif untuk digunakan dalam pelatihan ini?

A. Ceramah formal tentang kaidah bahasa Indonesia
B. Pemberian modul teori bahasa Indonesia
C. Penggunaan video tutorial tentang bahasa Indonesia
D. Simulasi dan praktik langsung penulisan laporan
E. Diskusi kelompok tentang pentingnya bahasa Indonesia

Jawaban: D. Simulasi dan praktik langsung penulisan laporan

Pembahasan: Metode simulasi dan praktik langsung adalah cara paling efektif agar peserta dapat langsung mempraktikkan penyusunan laporan resmi sesuai kaidah bahasa Indonesia.

12. Menurut Undang-Undang No. 24 Tahun 2009, bahasa Indonesia wajib digunakan dalam komunikasi resmi pemerintahan dan publikasi ilmiah. Seorang penyuluh bahasa diminta untuk memberikan panduan kepada dosen-dosen dalam menyusun karya ilmiah. Apa hal utama yang perlu diperhatikan dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk karya ilmiah?

A. Menggunakan bahasa yang formal dan sederhana
B. Menggunakan bahasa yang baku dan sesuai dengan kaidah akademik
C. Memasukkan unsur bahasa daerah dalam pembahasan
D. Menghindari istilah asing dalam setiap karya ilmiah
E. Menggunakan bahasa populer agar mudah dipahami

Jawaban: B. Menggunakan bahasa yang baku dan sesuai dengan kaidah akademik

Pembahasan: Dalam konteks karya ilmiah, bahasa Indonesia harus digunakan secara baku dan sesuai dengan kaidah akademik yang berlaku, seperti yang diatur dalam UU No. 24 Tahun 2009.

13. Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2014 mengamanatkan pembinaan dan pelindungan bahasa daerah. Penyuluh bahasa ditugaskan untuk mendokumentasikan bahasa daerah yang terancam punah di sebuah wilayah. Selain mendokumentasikan kosakata, apa yang juga perlu dilakukan penyuluh bahasa agar pelestarian bahasa daerah tersebut dapat berjalan efektif?

A. Membuat buku tentang sejarah bahasa daerah
B. Menerjemahkan bahasa daerah ke bahasa Indonesia
C. Membuat peta persebaran penutur bahasa daerah
D. Menulis artikel tentang pentingnya bahasa daerah
E. Melibatkan generasi muda untuk belajar dan menggunakan bahasa daerah

Jawaban: E. Melibatkan generasi muda untuk belajar dan menggunakan bahasa daerah

Pembahasan: Melibatkan generasi muda untuk belajar dan menggunakan bahasa daerah sangat penting agar bahasa tersebut tetap hidup dan tidak punah.

14. Dalam pengajaran bahasa asing, penyuluh bahasa sering kali diminta untuk membantu pengembangan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Salah satu tantangan adalah menyusun materi yang menarik dan interaktif. Apa strategi terbaik dalam menyusun materi ajar bahasa asing agar siswa lebih tertarik untuk belajar?

A. Menggunakan istilah-istilah akademik yang sulit
B. Mengandalkan buku teks saja sebagai sumber pembelajaran
C. Menyajikan materi dalam bentuk ceramah panjang
D. Menggunakan pendekatan gamifikasi atau permainan dalam pembelajaran
E. Menggunakan hanya video pembelajaran tanpa diskusi

Jawaban: D. Menggunakan pendekatan gamifikasi atau permainan dalam pembelajaran

Pembahasan: Pendekatan gamifikasi (permainan) dalam pembelajaran bahasa asing dapat membuat proses belajar lebih interaktif dan menarik bagi siswa, sehingga mereka lebih termotivasi untuk belajar.

15. Penyuluh bahasa kini semakin dituntut untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran dan penyuluhan bahasa. Dalam rangka meningkatkan literasi bahasa, seorang penyuluh bahasa ingin menggunakan platform e-learning untuk melatih pengajar di berbagai wilayah. Apa manfaat utama dari penggunaan e-learning dalam konteks pembelajaran bahasa?

A. E-learning memudahkan penyampaian materi secara seragam dan fleksibel
B. E-learning lebih mahal dan sulit diakses di daerah terpencil
C. E-learning menggantikan metode tatap muka yang lebih interaktif
D. E-learning hanya cocok digunakan untuk materi teori
E. E-learning tidak membutuhkan interaksi langsung dengan penyuluh bahasa

Jawaban: A. E-learning memudahkan penyampaian materi secara seragam dan fleksibel

Pembahasan: Manfaat utama e-learning adalah fleksibilitasnya yang memungkinkan peserta untuk mengakses materi kapan saja dan di mana saja, serta penyampaian materi secara seragam, terutama dalam pelatihan yang melibatkan peserta dari berbagai wilayah.

16. Seorang penyuluh bahasa ditugaskan untuk memberikan bimbingan terkait penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di sebuah sekolah. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah siswa yang lebih sering menggunakan bahasa daerah dalam percakapan sehari-hari. Langkah apa yang dapat diambil penyuluh bahasa untuk mendorong siswa lebih aktif menggunakan bahasa Indonesia tanpa mengesampingkan bahasa daerah?

A. Melarang siswa berbicara dalam bahasa daerah di sekolah
B. Mengadakan lomba debat dalam bahasa Indonesia
C. Memberikan hukuman bagi yang tidak menggunakan bahasa Indonesia
D. Mendorong penggunaan campuran bahasa Indonesia dan daerah
E. Mengabaikan hal ini karena bahasa daerah tetap penting

Jawaban: B. Mengadakan lomba debat dalam bahasa Indonesia

Pembahasan: Mengadakan lomba debat dalam bahasa Indonesia adalah cara efektif untuk mendorong siswa menggunakan bahasa Indonesia secara aktif dan komunikatif, tanpa melarang penggunaan bahasa daerah.

17. Undang-Undang No. 24 Tahun 2009 menegaskan bahwa bahasa Indonesia wajib digunakan dalam berbagai dokumen resmi. Penyuluh bahasa bertanggung jawab memastikan implementasi ini di instansi pemerintahan. Dokumen mana yang paling perlu diperhatikan oleh penyuluh bahasa agar sesuai dengan aturan penggunaan bahasa Indonesia?

A. Dokumen penelitian
B. Surat perjanjian kerja
C. Dokumen ilmiah
D. Iklan komersial
E. Surat menyurat antar lembaga pemerintahan

Jawaban: E. Surat menyurat antar lembaga pemerintahan

Pembahasan: Surat menyurat antar lembaga pemerintahan wajib menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan UU No. 24 Tahun 2009, sehingga penyuluh harus memastikan kepatuhan terhadap aturan ini.

18. Dalam Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 2014, disebutkan bahwa salah satu peran penyuluh bahasa adalah melestarikan bahasa daerah. Penyuluh bahasa di daerah pedesaan diminta untuk mengadakan lokakarya pelestarian bahasa daerah. Apa langkah utama yang harus diambil dalam lokakarya tersebut?

A. Melibatkan penutur asli bahasa daerah dalam pelatihan
B. Mempromosikan bahasa Indonesia sebagai pengganti bahasa daerah
C. Menggunakan bahasa asing untuk menarik perhatian
D. Membuat buku kosakata bahasa daerah yang sederhana
E. Mengarahkan anak-anak untuk hanya menggunakan bahasa Indonesia

Jawaban: A. Melibatkan penutur asli bahasa daerah dalam pelatihan

Pembahasan: Melibatkan penutur asli bahasa daerah adalah langkah penting untuk menjaga keaslian dan pelestarian bahasa daerah tersebut dalam lokakarya.

19. Salah satu tugas penyuluh bahasa adalah memberikan pelatihan kepada guru terkait penggunaan bahasa yang benar dalam proses belajar mengajar. Seorang guru sering kali menggunakan istilah asing yang belum dikenal luas oleh siswa dalam pelajaran. Bagaimana penyuluh bahasa sebaiknya memberikan saran?

A. Mengganti semua istilah asing dengan istilah bahasa daerah
B. Menyediakan glosarium istilah asing dan penjelasannya dalam bahasa Indonesia
C. Membiarkan penggunaan istilah asing tanpa penjelasan
D. Menghapus semua istilah asing dari materi pelajaran
E. Menyarankan guru untuk menggunakan bahasa Inggris penuh

Jawaban: B. Menyediakan glosarium istilah asing dan penjelasannya dalam bahasa Indonesia

Pembahasan: Menyediakan glosarium istilah asing dengan penjelasan dalam bahasa Indonesia membantu siswa memahami materi tanpa meninggalkan konteks penggunaan istilah asing yang diperlukan.

20. Penyuluh bahasa berperan penting dalam pelatihan bahasa asing di sekolah-sekolah. Saat memberikan pelatihan bahasa Inggris, seorang penyuluh bahasa menghadapi kesulitan dalam menarik minat siswa. Apa strategi yang dapat diterapkan penyuluh bahasa untuk membuat pelatihan lebih menarik?

A. Menggunakan metode pengajaran tradisional dan formal
B. Mengadakan ujian mingguan untuk memaksa belajar
C. Menggunakan buku teks berat yang berisi teori
D. Menerapkan teknik belajar bahasa melalui musik atau permainan
E. Hanya memberikan tugas tertulis setiap hari

Jawaban: D. Menerapkan teknik belajar bahasa melalui musik atau permainan

Pembahasan: Menggunakan teknik belajar melalui musik atau permainan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa asing dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif.

21. Penyuluh bahasa ditugaskan untuk melakukan survei mengenai penggunaan bahasa Indonesia di media massa. Apa hal utama yang perlu disoroti dalam survei ini sesuai dengan tugas penyuluh bahasa?

A. Penggunaan bahasa daerah dalam konten iklan
B. Penggunaan bahasa asing dalam program hiburan
C. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di berita
D. Frekuensi penggunaan kata tidak baku dalam artikel
E. Penggunaan bahasa slang di media sosial

Jawaban: C. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di berita

Pembahasan: Media massa, terutama berita, harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai aturan, sehingga hal ini menjadi fokus utama dalam survei.

22. Seorang penyuluh bahasa ditugaskan untuk menyusun program pelatihan bahasa daerah di sebuah kabupaten. Program ini bertujuan untuk mengajarkan bahasa daerah kepada anak-anak muda yang sudah jarang menggunakan bahasa tersebut. Apa metode yang paling efektif untuk diterapkan dalam program pelatihan ini?

A. Menggunakan buku pelajaran tradisional
B. Mengadakan kursus intensif dengan penutur asli
C. Menyusun materi pelajaran secara daring
D. Membuat aplikasi belajar bahasa daerah
E. Mengadakan lomba cerpen dalam bahasa daerah

Jawaban: B. Mengadakan kursus intensif dengan penutur asli

Pembahasan: Mengadakan kursus intensif dengan penutur asli memungkinkan peserta berinteraksi langsung dan mendapatkan pengalaman belajar bahasa daerah secara alami.

23. Dalam upaya pelestarian bahasa daerah, penyuluh bahasa juga perlu memperhatikan dokumentasi kosakata bahasa daerah. Apa tujuan utama dari dokumentasi kosakata ini?

A. Membuat bahasa daerah menjadi bahasa utama di seluruh negeri
B. Menyimpan bukti sejarah perkembangan bahasa daerah
C. Mengganti bahasa Indonesia dengan bahasa daerah
D. Mempermudah generasi mendatang mempelajari bahasa daerah
E. Mempromosikan penggunaan bahasa asing di daerah

Jawaban: D. Mempermudah generasi mendatang mempelajari bahasa daerah

Pembahasan: Dokumentasi kosakata bahasa daerah bertujuan untuk memastikan bahwa generasi mendatang masih memiliki akses untuk mempelajari bahasa daerah yang mungkin semakin jarang digunakan.

24. Dalam tugas penyuluhan, penyuluh bahasa diminta untuk memberikan bimbingan terkait metode pembelajaran bahasa asing. Salah satu metode yang banyak digunakan adalah penggunaan media audiovisual. Mengapa penggunaan media audiovisual penting dalam pembelajaran bahasa asing?

A. Karena memudahkan penyuluh untuk tidak memberikan penjelasan
B. Karena memberikan konteks visual dan audio yang mendukung pemahaman
C. Karena lebih murah daripada metode lainnya
D. Karena menghilangkan kebutuhan buku teks
E. Karena siswa tidak perlu berinteraksi langsung

Jawaban: B. Karena memberikan konteks visual dan audio yang mendukung pemahaman

Pembahasan: Media audiovisual memberikan konteks visual dan audio yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa asing karena membantu siswa memahami penggunaan bahasa dalam situasi nyata.

25. Seorang penyuluh bahasa ditugaskan untuk mengajarkan bahasa Indonesia kepada tenaga kerja asing di perusahaan multinasional. Apa pendekatan terbaik yang dapat digunakan penyuluh bahasa dalam pelatihan ini agar mereka cepat menguasai bahasa Indonesia?

A. Menggunakan hanya buku teks bahasa Indonesia
B. Mengadakan ujian setiap hari
C. Menggunakan istilah teknis tanpa penjelasan
D. Menggunakan bahasa ibu mereka dalam pelajaran
E. Menerapkan metode immersion atau total keterlibatan dalam bahasa

Jawaban: E. Menerapkan metode immersion atau total keterlibatan dalam bahasa

Pembahasan: Metode immersion atau keterlibatan total dalam bahasa adalah salah satu pendekatan yang efektif untuk membantu penutur asing lebih cepat menguasai bahasa Indonesia dalam konteks sehari-hari.

26. Penyuluh bahasa ditugaskan untuk memberikan penyuluhan di instansi pemerintah mengenai pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bagaimana cara penyuluh bahasa memastikan bahwa setiap pegawai mengikuti aturan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik?

A. Membuat peraturan internal yang tegas
B. Menggunakan bahasa Indonesia campuran dengan bahasa asing
C. Memberikan sanksi berat kepada yang melanggar
D. Menerapkan sistem evaluasi berkala terkait penggunaan bahasa
E. Membiarkan penggunaan bahasa yang tidak baku dalam beberapa dokumen

Jawaban: D. Menerapkan sistem evaluasi berkala terkait penggunaan bahasa

Pembahasan: Sistem evaluasi berkala dapat membantu memantau penerapan bahasa Indonesia yang baik dan benar di instansi pemerintah secara konsisten.

27. Tugas penyuluh bahasa termasuk dalam mempromosikan bahasa daerah di kalangan anak muda yang lebih sering menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa asing. Strategi apa yang dapat dilakukan penyuluh bahasa agar bahasa daerah tetap diminati?

A. Menggunakan bahasa daerah dalam acara-acara yang digemari anak muda
B. Menjadikan bahasa daerah sebagai bahasa wajib di sekolah
C. Melarang penggunaan bahasa asing di sekolah
D. Memasukkan bahasa daerah ke dalam kurikulum formal
E. Menerbitkan kamus bahasa daerah untuk referensi

Jawaban: A. Menggunakan bahasa daerah dalam acara-acara yang digemari anak muda

Pembahasan: Menggunakan bahasa daerah dalam acara-acara yang digemari anak muda seperti festival, media sosial, atau konten digital adalah cara yang efektif untuk meningkatkan minat mereka dalam menggunakan bahasa daerah.

28. Seorang penyuluh bahasa ditugaskan untuk melatih para wartawan dalam menggunakan bahasa Indonesia sesuai kaidah jurnalistik. Apa hal utama yang harus ditekankan penyuluh dalam pelatihan ini?

A. Penggunaan kata-kata yang formal dalam berita ringan
B. Penggunaan istilah teknis yang sulit dipahami
C. Penulisan yang sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)
D. Penulisan berita dalam bahasa daerah
E. Penggunaan kalimat yang panjang dan berbelit

Jawaban: C. Penulisan yang sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)

Pembahasan: Penulisan yang sesuai dengan PUEBI harus menjadi fokus utama agar wartawan mampu menulis berita yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar.

29. Penyuluh bahasa di sebuah kabupaten diminta untuk menyusun program literasi untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa sekolah dasar. Apa fokus utama yang harus ditekankan dalam program ini?

A. Membaca teks-teks ilmiah yang sulit
B. Meningkatkan kemampuan membaca dan menulis melalui cerita rakyat
C. Menggunakan bahasa daerah sepenuhnya
D. Menerapkan pelajaran sastra klasik
E. Melatih siswa menulis karya ilmiah sejak dini

Jawaban: B. Meningkatkan kemampuan membaca dan menulis melalui cerita rakyat

Pembahasan: Cerita rakyat dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar karena relevan dengan budaya dan mudah dipahami oleh siswa.

30. Seorang penyuluh bahasa melakukan sosialisasi penggunaan bahasa Indonesia dalam dunia periklanan. Bagaimana penyuluh bahasa dapat membantu perusahaan iklan dalam menggunakan bahasa Indonesia yang menarik dan sesuai aturan?

A. Membiarkan mereka menggunakan bahasa asing tanpa penjelasan
B. Menyediakan contoh-contoh iklan dengan bahasa Indonesia yang kreatif
C. Mengarahkan mereka untuk menggunakan istilah asing sepenuhnya
D. Menghindari penggunaan kata-kata baku
E. Menghapus semua istilah asing dari iklan

Jawaban: B. Menyediakan contoh-contoh iklan dengan bahasa Indonesia yang kreatif

Pembahasan: Menyediakan contoh iklan kreatif dengan bahasa Indonesia dapat membantu perusahaan melihat bagaimana mereka bisa menggunakan bahasa yang sesuai aturan tanpa mengurangi daya tarik iklan.

Akses 130+ Soal Penyuluh Bahasa CPNS & PPPK Beserta Kisi-Kisi dan Pembahasan di Sini!

Untuk mendapatkan akses lengkap ke lebih dari 130 soal Penyuluh Bahasa CPNS & PPPK, beserta kisi-kisi dan pembahasan yang komprehensif, masuk sekarang ke sistem kami di https://fungsional.id/ . Cukup klik banner di atas, daftar secara GRATIS, dan mulailah persiapan Anda dengan soal-soal terbaik yang dirancang khusus untuk membantu ujian seleksi Anda. 

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo!
Silahkan Hubungi Kami Jika Ada Pertanyaan...