...

150+ Soal Uji Kompetensi Guru dengan Kunci Jawaban

150+ Soal Uji Kompetensi Guru dengan Kunci Jawaban

Guru adalah jabatan yang bertugas memastikan proses pembelajaran berlangsung secara efektif, efisien, dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional. Tugas utama mencakup perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran, serta pembinaan peserta didik dalam aspek akademik maupun karakter. Hal ini mencakup pengembangan materi ajar, penerapan strategi pembelajaran yang inovatif, penilaian hasil belajar, serta pemanfaatan teknologi pendidikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Jabatan ini memerlukan penguasaan terhadap kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian, serta pemahaman terhadap kurikulum dan kebijakan pendidikan. Selain itu, guru dituntut memiliki keterampilan komunikasi, kemampuan adaptasi, dan komitmen terhadap pengembangan peserta didik untuk mendukung terciptanya generasi yang kompeten, berintegritas, dan mampu menjawab tantangan zaman.

Kisi-Kisi Soal Uji Kompetensi Guru

Kisi-Kisi Soal Uji Kompetensi Guru CPNS PPPK Sesuai KemenpanRB

Kisi-kisi soal ini dirancang untuk mengevaluasi kompetensi calon guru dalam bidang pedagogik, pengembangan materi ajar, serta pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku. 

  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Memahami proses pembelajaran yang efektif, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

  • Strategi Pembelajaran Aktif

Menguasai berbagai strategi pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar, seperti problem-based learning, project-based learning, dan inquiry-based learning.

  • Pengembangan Kurikulum

Kemampuan untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan Kurikulum 2013 atau Kurikulum Merdeka, termasuk pengintegrasian kompetensi dasar dan indikator pencapaian.

  • Materi Pembelajaran Sesuai Bidang Studi

Penguasaan materi ajar yang mendalam sesuai dengan bidang studi yang diajarkan, baik pada tingkat dasar maupun menengah, serta kemampuan untuk menyampaikan materi secara jelas dan mudah dipahami oleh siswa.

  • Pengembangan Bahan Ajar

Kemampuan untuk menyusun bahan ajar yang menarik, sesuai dengan kebutuhan siswa, serta menggunakan sumber daya tambahan seperti buku teks, video, dan sumber belajar daring.

  • Penguasaan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Pemahaman tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk jenjang pendidikan yang diajarkan, serta kemampuan untuk menyelaraskan tujuan pembelajaran dengan SKL.

  • Komunikasi Efektif

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan siswa, orang tua, dan sesama guru secara efektif, termasuk penggunaan bahasa yang jelas, empati, dan keterampilan mendengarkan.

  • Kolaborasi dengan Orang Tua dan Komunitas

Keterampilan dalam menjalin hubungan yang baik dengan orang tua dan komunitas sekolah untuk mendukung keberhasilan pendidikan siswa, termasuk berpartisipasi dalam kegiatan sekolah dan masyarakat.

  • Etika Profesi Guru 

Pemahaman tentang kode etik profesi guru, termasuk menjaga integritas, tanggung jawab, dan profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai pendidik.

  • Kepemimpinan Pendidikan

Kemampuan untuk menjadi teladan yang baik bagi siswa, termasuk menunjukkan sikap disiplin, tanggung jawab, dan komitmen terhadap pembelajaran yang berkualitas.

  • Pengembangan Karakter Siswa

Kemampuan untuk mendidik siswa tidak hanya dalam bidang akademis, tetapi juga dalam pengembangan karakter, termasuk nilai-nilai moral, disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama.

Contoh Soal Uji Kompetensi Guru

Contoh Soal Uji Kompetensi Guruan Lingkungan CPNS PPPK

Berikut ini adalah kumpulan soal latihan yang dirancang untuk membantu Anda memahami materi seleksi secara mendalam. Soal-soal ini mencakup berbagai aspek penting yang perlu dikuasai oleh seorang guru, mulai dari strategi pembelajaran hingga pengembangan karakter siswa.

Soal Nomor 1

Seorang dokter yang berperan sebagai pendidik klinik diminta untuk membuat perencanaan pembelajaran di rumah sakit pendidikan. Berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, manakah dari pilihan berikut ini yang paling tepat mencerminkan perencanaan pembelajaran yang efektif?

A. Menentukan target kelulusan peserta didik berdasarkan waktu rotasi klinik
B. Menyusun rencana pembelajaran yang berfokus pada kompetensi dan kegiatan belajar     berbasis masalah nyata
C. Merancang pembelajaran dengan pendekatan satu arah agar lebih efisien
D. Menyusun evaluasi terlebih dahulu untuk menyesuaikan materi ajar
E. Menentukan standar lulus berdasarkan ketersediaan fasilitas rumah sakit

Jawaban: B
Pembahasan:
Perencanaan pembelajaran yang efektif harus berbasis pada capaian kompetensi, relevansi kontekstual, dan strategi yang mendorong keterlibatan aktif peserta didik. Dalam pendidikan kedokteran, pendekatan problem-based learning dan pembelajaran kontekstual sangat dianjurkan sesuai Permendikbud No. 22 Tahun 2016.

Soal Nomor 2

Dalam rangka meningkatkan keterlibatan aktif mahasiswa kedokteran, seorang dokter pendidik menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek di mana mahasiswa diminta melakukan skrining kesehatan masyarakat secara nyata. Strategi ini dikenal dengan istilah:

A. Problem-Based Learning
B. Simulation Learning
C. Inquiry-Based Learning
D. Project-Based Learning
E. Contextual Teaching and Learning

Jawaban: D
Pembahasan:
Project-Based Learning (PjBL) adalah strategi pembelajaran aktif yang mendorong peserta didik untuk mengerjakan proyek nyata untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan. Kegiatan skrining kesehatan adalah contoh penerapannya.

Soal Nomor 3

Dalam menyusun rencana pembelajaran untuk topik “Etika Profesi Dokter”, seorang dokter pendidik mengaitkan tujuan pembelajaran dengan kompetensi inti dan indikator capaian pembelajaran dari Kurikulum 2013. Langkah ini menunjukkan pemahaman terhadap:

A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
B. Strategi pembelajaran aktif
C. Kurikulum Darurat
D. Model pembelajaran diferensiasi
E. Evaluasi formatif

Jawaban: A
Pembahasan:
Mengaitkan tujuan pembelajaran dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian merupakan bagian dari penerapan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dalam perencanaan pembelajaran, sesuai dengan kurikulum nasional.

Soal Nomor 4

Seorang pendidik klinik menyampaikan materi menggunakan infografik, video demonstrasi prosedur, dan modul digital yang dapat diakses daring oleh mahasiswa kedokteran. Hal ini menunjukkan penerapan prinsip:

A. Pengembangan kurikulum mandiri
B. Pemanfaatan media konvensional
C. Penyusunan bahan ajar yang kontekstual dan menarik
D. Evaluasi berbasis portofolio
E. Standarisasi sumber belajar dari pusat

Jawaban: C
Pembahasan:
Penggunaan multimedia dan sumber daring mencerminkan kemampuan dalam menyusun bahan ajar yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, salah satu kompetensi penting dalam pedagogik.

Soal Nomor 5

Dalam menghadapi konflik antara mahasiswa dan pasien selama praktik klinik, seorang dokter pendidik memberikan ruang diskusi, mendengarkan semua pihak, dan memfasilitasi penyelesaian yang adil. Ini menunjukkan penerapan prinsip:

A. Kepemimpinan akademik
B. Etika profesi guru
C. Komunikasi efektif dan empatik
D. Evaluasi otentik
E. Supervisi klinik teknis

Jawaban: C
Pembahasan:
Komunikasi efektif dan empatik adalah kemampuan penting yang harus dimiliki oleh pendidik, baik untuk berinteraksi dengan siswa maupun dalam penyelesaian masalah. Mendengarkan, memahami, dan memfasilitasi penyelesaian merupakan bagian dari keterampilan ini.

Soal Nomor 6

Dalam menyampaikan materi “Anatomi Sistem Pernapasan”, seorang dokter pendidik menggunakan model pembelajaran inquiry-based learning. Apa tujuan utama dari pendekatan ini?

A. Memberikan materi secara terstruktur dari guru ke siswa
B. Membiasakan siswa untuk menghafal konsep sebelum praktik
C. Mendorong siswa untuk mengamati, bertanya, dan menemukan konsep sendiri
D. Menyampaikan seluruh materi secara daring dan efisien
E. Memberikan jawaban langsung untuk menghemat waktu diskusi

Jawaban: C
Pembahasan:
Inquiry-based learning mendorong siswa untuk aktif dalam proses menemukan pengetahuan melalui pertanyaan, penyelidikan, dan refleksi.

Soal Nomor 7

Seorang dokter pendidik menilai kemampuan komunikasi mahasiswa melalui observasi saat interaksi dengan pasien, kemudian memberikan umpan balik langsung. Teknik ini disebut:

A. Evaluasi sumatif
B. Tes objektif
C. Penilaian portofolio
D. Evaluasi formatif autentik
E. Penilaian tertulis

Jawaban: D
Pembahasan:
Penilaian formatif autentik menilai keterampilan nyata dalam konteks sebenarnya, dan memberikan umpan balik langsung untuk perbaikan.

Soal Nomor 8

Manakah dari berikut ini yang paling menggambarkan peran dokter pendidik dalam pengembangan karakter mahasiswa kedokteran?

A. Memberi hukuman jika mahasiswa tidak disiplin
B. Menjadi panutan dalam etika, tanggung jawab, dan komunikasi profesional
C. Fokus hanya pada materi ilmiah
D. Memberikan soal ujian sulit
E. Menentukan standar nilai tinggi untuk memacu prestasi

Jawaban: B
Pembahasan:
Pengembangan karakter meliputi keteladanan dalam nilai moral, etika profesi, dan sikap profesional sebagai bagian dari pembelajaran holistik.

Soal Nomor 9

Dalam menyusun RPP untuk mata kuliah “Farmakologi Dasar”, seorang dokter pendidik menyelaraskan indikator pencapaian dengan metode evaluasi dan kegiatan belajar. Ini menunjukkan pemahaman tentang:

A. Sinkronisasi kelas daring
B. Integrasi pembelajaran adaptif
C. Keselarasan antar komponen pembelajaran
D. Penyusunan evaluasi akhir semester
E. Penguasaan materi ajar

Jawaban: C
Pembahasan:
Keselarasan (alignment) antara tujuan, metode, dan penilaian sangat penting dalam RPP yang efektif dan bermakna.

Soal Nomor 10

Dokter pendidik yang mengutamakan partisipasi aktif mahasiswa dan memfasilitasi diskusi kasus nyata dalam pembelajaran berarti menerapkan:

A. Pembelajaran pasif berbasis konten
B. Model pembelajaran langsung
C. Strategi pembelajaran aktif berbasis kasus
D. Model pembelajaran campuran
E. Pembelajaran kolaboratif daring

Jawaban: C
Pembahasan:
Strategi berbasis kasus (case-based learning) mendorong keterlibatan, berpikir kritis, dan penerapan ilmu dalam situasi nyata.

Soal Nomor 11

Seorang dokter pendidik bekerja sama dengan orang tua mahasiswa dalam memberikan pemahaman tentang etika profesi dan pengembangan soft skill. Ini menunjukkan:

A. Evaluasi eksternal berkelanjutan
B. Kolaborasi sekolah–komunitas
C. Konsultasi karier individu
D. Pembelajaran mandiri
E. Supervisi rumah tangga

Jawaban: B
Pembahasan:
Kolaborasi antara pendidik dan orang tua serta komunitas penting untuk mendukung perkembangan siswa secara menyeluruh, termasuk nilai dan karakter.

Soal Nomor 12

Ketika menyampaikan topik “Manajemen Kegawatdaruratan”, seorang dokter pendidik menjelaskan dengan analogi sederhana dan menunjukkan prosedur langsung. Hal ini mencerminkan:

A. Penguasaan teori komunikasi
B. Penguasaan materi ajar dan strategi penyampaian yang efektif
C. Penggunaan teknologi interaktif
D. Penilaian berbasis praktik
E. Pendekatan individual dalam pembelajaran

Jawaban: B
Pembahasan:
Penguasaan materi ajar dan cara menyampaikannya secara jelas dan mudah dipahami merupakan keterampilan dasar seorang pendidik profesional.

Soal Nomor 13

Seorang dokter pendidik mengembangkan modul interaktif yang dilengkapi video demonstrasi dan kuis reflektif. Ini mencerminkan:

A. Modul pengganti dosen
B. Bahan ajar pasif
C. Bahan ajar digital adaptif dan menarik
D. Evaluasi tengah semester
E. Buku teks utama

Jawaban: C
Pembahasan:
Penyusunan bahan ajar harus inovatif dan menarik, seperti modul interaktif yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan teknologi.

Soal Nomor 14

Seorang dokter pendidik menunjukkan sikap terbuka, disiplin, dan profesional di hadapan mahasiswa. Sikap ini mencerminkan:

A. Etika kerja mandiri
B. Kode etik profesi guru
C. Supervisi evaluatif
D. Manajemen kelas aktif
E. Strategi motivasional

Jawaban: B
Pembahasan:
Etika profesi mencakup integritas, tanggung jawab, dan keteladanan dalam perilaku sebagai bentuk pendidikan karakter dan moral.

Soal Nomor 15

Manakah dari berikut ini yang menunjukkan peran kepemimpinan pendidikan dari seorang dokter pendidik?

A. Menyusun soal ujian semata
B. Menjalankan prosedur pembelajaran standar
C. Memberikan teladan dalam perilaku dan kedisiplinan
D. Melimpahkan tanggung jawab sepenuhnya ke mahasiswa
E. Mengutamakan nilai akademik tanpa bimbingan

Jawaban: C
Pembahasan:
Kepemimpinan pendidikan ditunjukkan dengan sikap teladan, disiplin, dan inspiratif dalam lingkungan belajar.

Soal Nomor 16

Mahasiswa kedokteran diminta untuk membuat rencana aksi komunitas setelah praktik lapangan kesehatan lingkungan. Ini merupakan bentuk:

A. Pembelajaran klasikal
B. Refleksi umum
C. Evaluasi non-akademik
D. Pembelajaran berbasis proyek dan karakter
E. Penilaian administratif

Jawaban: D
Pembahasan:
Tugas yang mengajak mahasiswa terlibat langsung dengan masyarakat dan membuat rencana aksi mencerminkan project-based learning dan penguatan karakter.

Soal Nomor 17

Dalam Kurikulum Merdeka, peran pendidik sebagai fasilitator sangat ditekankan. Apa implikasi peran ini bagi dokter pendidik?

A. Mengurangi interaksi langsung dengan mahasiswa
B. Menyampaikan materi secara satu arah
C. Menjadi narasumber utama tanpa diskusi
D. Membimbing mahasiswa dalam eksplorasi dan pemecahan masalah
E. Menilai hasil akhir tanpa proses pembelajaran

Jawaban: D
Pembahasan:
Dalam Kurikulum Merdeka, guru/dosen menjadi fasilitator yang mendampingi dan mendorong eksplorasi serta pemecahan masalah, bukan hanya penyampai materi.

Soal Nomor 18

Saat terjadi perbedaan pendapat antar mahasiswa dalam diskusi kasus klinik, dokter pendidik memfasilitasi dialog terbuka dengan pendekatan empatik. Ini menunjukkan:

A. Kemampuan menyelesaikan konflik pribadi
B. Keterampilan komunikasi efektif dan etis
C. Tindakan pembinaan disipliner
D. Strategi penilaian kelompok
E. Penguatan kompetensi teori

Jawaban: B
Pembahasan:
Kemampuan komunikasi efektif mencakup empati, mendengarkan aktif, dan memfasilitasi diskusi yang membangun dalam lingkungan pembelajaran.

Soal Nomor 19

Dokter pendidik mengajak mahasiswa membuat bahan ajar untuk edukasi masyarakat, lalu menilai keterampilan mereka dalam menyusun media edukatif. Ini termasuk:

A. Evaluasi pengetahuan teoritis
B. Pengembangan bahan ajar dan literasi kesehatan
C. Penilaian ujian lisan
D. Tugas pelengkap kehadiran
E. Pembelajaran remedial

Jawaban: B
Pembahasan:
Pembuatan media edukatif oleh mahasiswa menunjukkan kemampuan mengembangkan bahan ajar serta melatih keterampilan komunikasi publik dan literasi kesehatan.

Soal Nomor 20

Dalam proses pembelajaran, dokter pendidik selalu memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengevaluasi pembelajaran yang telah dilalui. Hal ini mencerminkan:

A. Evaluasi sumatif
B. Supervisi dua arah
C. Penilaian keterampilan akademik
D. Praktik reflektif dalam pendidikan
E. Proses administrasi akademik

Jawaban: D
Pembahasan:
Praktik reflektif memungkinkan mahasiswa dan pendidik melakukan introspeksi terhadap proses belajar, yang penting untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran.

Ingin Lolos Seleksi UKOM Guru?

Ingin Lolos Seleksi UKOM Guru?

Dapatkan akses eksklusif ke soal latihan yang mencakup semua materi penting sesuai kisi-kisi KemenpanRB. Dengan simulasi berbasis CAT di fungsional.id, Anda akan mendapatkan pengalaman belajar yang interaktif, efektif, dan mendalam, membantu Anda lolos dengan hasil terbaik!

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Picture of Tim Asn

Tim Asn

Tim ASN adalah kelompok profesional yang terbiasa menyusun soal. Kami terdiri dari ahli berbagai bidang, berkomitmen menciptakan soal berkualitas tinggi yang relevan dengan kompetensi jabatan.
Open chat
Halo!
Silahkan Hubungi Kami Jika Ada Pertanyaan...